PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TUTOR SEBAYA (PEER TUTORING) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KIMIA SISWA DI KELAS XI IPA SMA SRIJAYA NEGARA PALEMBANG
Main Authors: | Friani, Syelli Ayu, Suharman, Andi; Universitas Sriwijaya, -, Effendi; Universitas Sriwijaya |
---|---|
Format: | Article application/pdf eJournal |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
Universitas Sriwijaya
, 2017
|
Online Access: |
http://ejournal.unsri.ac.id/index.php/jurpenkim/article/view/5254 |
Daftar Isi:
- Abstrak: Penelitian tindakan kelas inibertujuan untuk meningkatkan hasil belajar kimia siswa kelas XI IPA 2 Srijaya Negara Palembang melalui model pembelajaran Tutor Sebaya (Peer Tutoring). Penelitian dilaksanakan dalam tiga siklus, tiap siklus terdiri dari dua kali pertemuan. Data penelitian diperoleh menggunakan lembar observasi dan instrument tes hasil belajar siswa yang dilaksanakan setiap akhir pertemuan. Berdasarkan penelitian diperoleh peningkatan keaktifan siswa sebesar 55,15 % pada siklus I (T1) menjadi 61,55 % pada siklus II (T2), dan pada siklus III (T3) meningkat sebesar 65,75 % dengan kategori aktif. Nilai rata-rata hasil belajar siswa sebelum dilakukan tindakan (T0) sebesar 47,40 dengan ketuntasan belajar 31 %, terjadi peningkatan pada siklus I (T1) menjadi 68,9 dengan ketuntasan belajar 60 % kemudian meningkat menjadi 69,4 dengan ketuntasan belajar menurun menjadi 51% pada siklus II (T2) dan siklus III (T3) meningkat menjadi 86,7 dengan ketuntasan belajar 86 %. Hasil penelitian menunjukkan terjadinya peningkatan keaktifan dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran kimia, sehingga disarankan bagi guru agar dapat menerapkan model pembelajaran Tutor Sebaya (Peer Tutoring) sebagai salah satu alternatif untuk meningkatkan hasil belajar siswa serta disarankan kepada peneliti laen agar dapat dijadikan acuan dalam melakukan penelitian yang relevan