MENGEMBANGKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS MAHASISWA PGMIPAU PRODI KIMIA FKIP UNTAN MELALUI MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI

Main Author: Rasman, Rahmat; FKIP Universitas Tanjung Pura (Untan)
Format: Article application/pdf eJournal
Bahasa: ind
Terbitan: Universitas Sriwijaya , 2017
Online Access: http://ejournal.unsri.ac.id/index.php/jurpenkim/article/view/5248
Daftar Isi:
  • Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keterampilan berpikir kritis mahasiswa dengan menerapkan model pembelajaran inkuiri. Bentuk penelitian ini adalah penelitian deskriptif denga subjek 21 mahasiswa PGMIPAU FKIP Untan yang mengambil mata kuliah Basic Chemistry. Alat pengumpul data utama dalam penelitian ini tes berpikir kritis dan alat pengumpul data pembantu adalah lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran dan aktivitas mahasiswa. Hasil dari penelitian ini menunjukkan terjadinya perubahan ketuntasan dan kategori berpikir kritis mahasiswa sebelum dan sesudah pembelajaran, yaotu ketuntasan berubah dari 0% menjadi 95% dan kategori keterampilan berpikir kritis dari yang kurang terampil menjadi terampil. Keterlaksanaan tahapan pembelajaran inkuiri dari pertemuan I, II, III masing-masing terlaksanan 100%. Aktivitas mahasiswa menunjukkan perilaku yang relevan danyang kurang relevan denga proses pembelajaran masing-masing 98% dan 2%. Berdasarkan hasil yang diperoleh dapat disimpulkan bahwamodel pembelajaran inkuiri dapat mengembangkan keterampilan berpikir kritis mahasiswa.