PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN STUDENT FACILITATOR EXPLAINING (SFAE) UNTUK MENINGKAT DI KELAS XI IPA 2 SMA NEGERI 1 TANJUNG BATU

Main Authors: -, Susilawati, Suharman, Andi; Universitas Sriwijaya, Lesmini, Bety; Inuversitas Sriwijaya
Format: Article application/pdf eJournal
Bahasa: ind
Terbitan: Universitas Sriwijaya , 2017
Online Access: http://ejournal.unsri.ac.id/index.php/jurpenkim/article/view/5244
Daftar Isi:
  • Abstrak: Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman konsep kimia siswa kelas XI IPA 2 SMA Negeri 1 Tanjung Batu melalui penerapan model pembelajaran Student Facilitator Explaining (SFAE). Penelitian ini dilaksanakan dalam 3 siklus, setiap siklus terdiri dari dua kali pertemuan. Data didapat melalui tes pemahaman konsep siswa yang dilaksanakan setiap akhir siklus. Hasil belajar dan ketuntasan belajar siswa sebelum tindakan adalah 50,20 dan 12,5%. Terjadi peningkatan pemahaman konsep kimia siswa yang tercermin dari peningkatan hasil belajara siswa. Berdasarkan penelitian rata-rata skor hasil belajar siswa pada siklus 1 sebesar 62,24 dengan ketuntasan belajar siswa 20,83%. Pada siklus 2 (T2) rata-rata skor hasil belajar kimia siswa meningkat menjadi 74,84 dengan ketuntasan belajar siswa 58,33%. Pada siklus III (T3), rata-rata skor hasil belajar kimia siswa meningkat menjadi 83,59 dengan keteuntasan belajar siswa 87,5%.