Implementasi Strategi Pembelajaran Gued Note Taking (GNT) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kimia Siswa Kelas XI IPA SMA Negeri 11 Palembang
Main Authors: | Angraini, Miranti Dwi, Hidayat, Iceng; Universitas Sriwijaya, Edi, Rodi; Universitas Sriwijaya |
---|---|
Format: | Article application/pdf eJournal |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
Universitas Sriwijaya
, 2017
|
Online Access: |
http://ejournal.unsri.ac.id/index.php/jurpenkim/article/view/5193 |
Daftar Isi:
- Abstrak: Implementasi Strategi Pembelajaran Gued Note Taking (GNT) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kimia Siswa Kelas XI IPA SMA Negeri 11 Palembang. Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan bahwa upaya guru menerapkan strategi pembelajaran guided note taking (GNT) dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas XI IPA 3 SMA Negeri 11 Palembang. Penelitian tindakan kelas ini dilakukan sebanyak tiga siklus terdiri dari masing-masing dua pertemuan. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan lembar observasi dan tes hasil belajar siswa. Rata-rata keaktifan siswa dalam kelompok pada siklus 1 sebesar 48,19%, siklus II sebesar 58,61%, dan silkus III sebesar 68,17%. Rata-rata skor hasil belajar siswa sebelum melakukan tindakan (To) 58,84 dengan ketuntasan sebesar 46,34%. Rata-rata skor hasil belajar siswa pada siklus I (T1) sebesar 68,25 dengan ketuntasan sebesar 34,14%. Pada siklus II (T2) sebesar 73,17 dengan ketuntasan sebesar 46,34%. Pada siklus III (T3) sebesar 80,00 dengan ketuntasan 70,73%. Hasil penelitian membuktikan bahwa strategi pembelajaran Guided Note Taking (GNT) dapat meningkatkan hasil belajar disetiap siklus. Disarankan bagi guru yang mengalami permaslahan yang sama untuk menerapkan strategi guide note taking (GNT) agar hasil belajara miningkat.