Pengaruh Model Pembelajaran Creative Problem Solving (CPS) Terhadap Hasil Belajar Kimia Siswa Kelas X SMA Negeri 13 Palembang

Main Authors: Wardani, Risa, -, Sanjaya; Universitas Sriwijaya, -, Desi; Universitas Sriwijaya
Format: Article application/pdf eJournal
Bahasa: ind
Terbitan: Universitas Sriwijaya , 2017
Online Access: http://ejournal.unsri.ac.id/index.php/jurpenkim/article/view/5189
Daftar Isi:
  • Abstrak: Pengaruh model pembelajaran creative problem solving (cps) terhadap hasil belajar kimia siswa kelas x sma negeri 13 palembang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh model pembelajaran Creative Problem Solving (CPS) terhadap hasil belajar siswa kelas x di SMA Negeri 13 Palembang. Penelitian ini merupakan jenis penelitian semu. Sampel yang digunakan siswa kelas X MIA 5 sebagai kelas eksperimen dan kelas X MIA 7 sebagai kelas kontrol. Hasil Penelitian menunjukan bahwa model pembelajaran Creaktive Problem Solving (CPS) memiliki pengaruh terhdap hasil belajar kimia siswa kelas X SMA Negeri 13 Palembang. Hasil analisis uji hiptesis menggunakan uji t dengan program SPSS 18. Diperoleh nilai uji t hitung sebesar 2,278 > t tabel sebesar 1,991, dengan a = 0,05. Disarankan bagi guru, agar dapat memilih model pembelajaran Creative Problem Solving (CPS).