Peningkatan Hasil Belajar Kimia pada Materi Sistem Koloid Melalui Model Pembelajaran Berbasis Proyek Siswa Kelas XI IPA SMA Negeri 1 Tangjung Raja

Main Authors: Marta, Andika; FKIP Universitas Sriwijaya, Rachman, Fuad Abd; Program Studi Pendidikan Kimia FKIP Universitas Sriwijaya, W, K Anom; Program Studi Pendidikan Kimia FKIP Universitas Sriwijaya
Format: Article application/pdf eJournal
Bahasa: ind
Terbitan: Universitas Sriwijaya , 2017
Online Access: http://ejournal.unsri.ac.id/index.php/jurpenkim/article/view/5185
Daftar Isi:
  • Peningkatan Hasil Belajar Kimia pada Materi Sistem Koloid Melalui Model Pembelajaran Berbasis Proyek Siswa Kelas XI IPA SMA Negeri 1 Tanjung Raja. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar kimia siswa kelas XI IPA 4 SMA Negeri 1 Tanjung Raja melalui penerapan model pembelajaran berbasis proyek. Subjek penelitian adalah seluruh siswa kelas XI IPA 4 SMA Negeri 1 Tanjung Raja TA 2013/2014. Metode penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus. Berdasarkan hasil penelitian, rata-rata skor hasil belajar kimia siswa sebelum dilakukan tindakan (To) sebesar 67,06 dengan ketuntasan sebesar 30,30% meningkat pada siklus 1 (T1) sebesar 75,79 dengan ketuntasan belajar sebesar 72,72%. Pada siklus 2 (T2) rata-rata skor hasil belajar kimia siswa meningkat menjadi 81,81 dengan ketuntasan belajar sebesar 87,87%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran Berbasis Proyek dapat meningkatkan hasil belajar siswa dan menjadikan kelas lebih kondusif dikarenakan siswa sangat aktif, sehingga disarankan bagi guru untuk menggunakan model pembelajaran Berbasis Proyek sebagai salah satu model pembelajaran pilihan dalam meningkatkan hasil belajar siswa. Bagi peneliti lain dapat menjadi referensi untuk penelitian serupa ataupun bagi penelitian lanjutan