Peningkatan Hasil Belajar Siswa Dengan Menerapkan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD (Student Team Achievement Division) pada Mata Pelajaran Kimia Kelas X MIA 2 SMA Negeri 5 Palembang
Main Authors: | Putri, Dita Tria; Program Studi Pendidikan Kimia FKIP Universitas Sriwijaya, Sukaryawan, Made -; Program Studi Pendidikan Kimia FKIP Universitas Sriwijaya, Lesmini, Bety -; Program Studi Pendidikan Kimia FKIP Universitas Sriwijaya |
---|---|
Format: | Article eJournal |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
Universitas Sriwijaya
, 2017
|
Online Access: |
http://ejournal.unsri.ac.id/index.php/jurpenkim/article/view/5166 |
Daftar Isi:
- Abstrak: Peningkatan hasil belajar siswa dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe STAD (Student Team Achievement Division) pada mata pelajaran kimia kelas X MIA 2 SMA Negeri 5 Palembang. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar kimia kelas X MIA 2 SMA Negeri 5 Palembang dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe STAD (Student Team Achievement Division). Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas yang dilakukan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi / evaluasi, dan refleksi. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan lembar observasi dan tes hasil belajar pada tiap akhir ketutasan hasil belajar sebesar 41,93 %. Pada siklus I (T1) ketuntasan hasil belajar siswa meningkat menjadi 72,41% dengan rata-rata nilai sebesar 74,48. Hal ini disebabkan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD melibatkan peserta didik untuk mampu bekerja sama dan berpikir secara mandiri. Pada siklus II (T2) rata-rata nilai menjadi 81,33 dengan hasil belajar 90%. Peningkatan ini terjadi karena siswa aktif dalam bertanya, diskusi kelompok, dan menjawab pertanyaan yang diberikan. Berdasarkan hasil penelitian dan analisa data menunjukan terjadinya peningkatan hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD pada mata pelajaran kimia, maka dapat disimpulkan bahwa T2>T1>T0.