PENGEMBANGAN MATERI PEMBELAJARAN SISTEM KOORDINASI MANUSIA MEMANFAATKAN FITUR EDMODO UNTUK SEKOLAH MENENGAH ATAS
Main Authors: | Aminy, Rounnisa, Huzaifah, Siti, Santri, Didi Jaya |
---|---|
Format: | Article application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
fkip unsri
, 2017
|
Online Access: |
http://ejournal.unsri.ac.id/index.php/fpb/article/view/4948 |
Daftar Isi:
- Rounnisa Aminy, Siti Huzaifah, Didi Jaya Santri Universitas Sriwijaya ABSTRAK: Penelitian pengembangan ini telah dilakukan untuk menghasilkan produk Materi Pembelajaran berupa materi ajar dan soal-soal tentang Sistem Koordinasi Manusia Memanfaatkan Fitur Edmodo untuk Sekolah Menengah Atas yang valid dan praktis. Metode penelitianyang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian pengembangan (Development Research ). Penelitian ini meliputi tiga tahap, yaitu: 1) tahap analisis, 2) tahap perancangan, dan 3) tahap evaluasi. Jenis evaluasi yang digunakan yaitu evaluasi formatif yang berpedoman pada hasil pemikiran Tessmer (1998) dibatasi hanya sampai tahap small group. Berdasarkan penelitian ini telah dihasilkan materi ajar yang sangat valid dari segi isi, konstruk, bahasa dengan nilai rata-rata akhir 4,4 (skala 5) serta soal-soal yang valid dari segi isi, konstruk, bahasa dengan nilai rata-rata akhir 4,2 (skala 5). Hasil analisis angket peserta didik tahap one-to-one dan small group diperoleh rata-rata 4,5 dan 4,4 (skala 5).Nilai rata-rata yang diperoleh dari angket siswa menunjukkan bahwa materi pembelajaran sistem koordinasi manusia memanfaatkan fitur edmodo ini mudah digunakan (praktis).Dengan demikian, telah dihasilkan Materi Pembelajaran Sistem Koordinasi Manusia Memanfaatkan Fitur Edmodo untuk Sekolah Menengah Atas yang layak dan mudah digunakan. Kata kunci:Pengembangan, materi ajar, soal, edmodo, kevalidan, dan kepraktisan.