PENGARUH PENERAPAN PENDEKATAN MORAL REASONING TERHADAP KEAKTIFAN BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PPKn DI SMA NEGERI 10 PALEMBANG
Main Authors: | Rosyada, Amrina; Universitas Sriwijaya, Chotimah, Umi; FKIP Universitas Sriwijaya, Waluyati, Sri Artati; FKIP Universitas Sriwijaya |
---|---|
Format: | Article application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Universitas Sriwijaya
, 2017
|
Online Access: |
http://ejournal.unsri.ac.id/index.php/jbti/article/view/4562 |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan pendekatan moral reasoning terhadap keaktifan belajar siswa pada mata pelajaran PPKn di SMA Negeri 10 Palembang. Populasi adalahseluruh siswa kelas XI di SMA Negeri 10 Palembang berjumlah 415 orang. Teknik sampling yaitu purposive sampling. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS 4 berjumlah 32 orang sebagai kelas eksperimen dan XI IPS 5 berjumlah 32 orang sebagai kelas kontrol di SMA Negeri 10 Palembang. Teknik pengumpulan data menggunakan dokumentasi dan observasi. Sedangkan teknik analisa data dengan menggunakan uji-t. Disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan dari penerapan pendekatan moral reasoning terhadap keaktifan belajar siswa pada mata pelajaran PPKn di SMA Negeri 10 Palembang. Hal ini terbukti dari hasil analisis rerata observasi keaktifan belajar di kelas eksperimen 80% sedangkan pada kelas kontrol 77%. Teknik analisa data menggunakan SPSS versi 21 untuk uji hipotesis menggunakan rumus independent sample t-test. Dari hasil pengolahan data dan analisis hasil penelitian diketahui taraf keaktifan belajar siswa meningkat dengan kriteria sangat aktif yaitu uji-t menunjukan thitung > ttabel yaitu 4,844 >2.000. Oleh karena itu penerapan pendekatan moral reasoning dapat dijadikan salah satu pendekatan pembelajaran untuk meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa