KESIAPAN GURU PKn DALAM MENGINTEGRASIKAN PENDIDIKAN LALU LINTAS PADA MATAPELAJARAN PKn DI SMP NEGERI SE-KOTA PELEMBANG

Main Authors: Rosita, Ina; Universitas Sriwijaya, Chotimah, Umi; FKIP Universitas Sriwijaya
Format: Article application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Universitas Sriwijaya , 2017
Online Access: http://ejournal.unsri.ac.id/index.php/jbti/article/view/4549
Daftar Isi:
  • Penelitian ini berjudul “Kesiapan Guru PKn dalam mengintegrasikan pendidikan lalu lintas pada matapelajaran PKn di SMP Negeri Se-kota Palembang” dengan permasalahan bagaimana kesiapan guru PKn dalam mengintegrasikan pendidikan lalu lintas pada matapelajaran PKn di SMP Negeri Se-kota Palembang Adapun tujuannya adalah untuk mengetahui kesiapan guru dalam mengintegrasikan pendidikan lalu lintas pada matapelajaran PKn di SMP Negeri Se-kota Palembang. Penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan populasi 17 orang guru yang telah mengikuti desiminasi pengintegrasian pendidikan lalu lintas. Pengambilan sampel dengan purposive sampling. Data dikumpulkan melalui teknik dokumentasi, wawancara dan observasi, dengan teknik analisis data yaitu deskriptif kualitatif, dianalisis dengan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan/verifikasi. Dari hasil analisis dan pembahasan terhadap data dapat disimpulkan bahwa kesiapan guru PKn dalam mengintegrasikan pendidikan lalu lintas di SMP Negeri se-kota telah siap artinya guru siap melaksakan pengintegrasian melalui penyusunan RPP. Kesiapan merupakan prayarat belajar dan RPP merupakan persiapan guru yang dilakukan sebelum mengajar.