PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR (SPPKB) TERHADAP HASIL BELAJAR PENDIDIKAN KEWARGANEGARAANSISWA KELAS XI SMAN 1 TEBING TINGGI
Main Authors: | Putri, Nena Ayu; Universitas Sriwijaya, Waluyati, Sri Artati; FKIP Universitas Sriwijaya, Faisal, Emil El; FKIP Universitas Sriwijaya |
---|---|
Format: | Article application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Universitas Sriwijaya
, 2017
|
Online Access: |
http://ejournal.unsri.ac.id/index.php/jbti/article/view/4545 |
Daftar Isi:
- Penelitian ini berjudul Pengaruh Strategi Pembelajaran Peningkatan Kemampuan Berpikir (SPPKB) Terhadap Hasil Belajar Pendidikan Kewarganegaraan Siswa Kelas XI SMAN 1 Tebing Tinggi. Adapun permasalahan dalam penelitian ini adalah “apakah ada pengaruh Strategi Pembelajaran Peningkatan Kemampuan Berpikir (SPPKB) dalam meningkatkan hasil belajar Pendidikan Kewarganegaraan siswa kelas XI SMAN 1 Tebing Tinggi ?” sedangkan tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh Strategi Pembelajaran Peningkatan Kemampuan Berpikir (SPPKB) dalam meningkatkan hasil belajar Pendidikan Kewarganegaraan siswa kelas XI SMAN 1 Tebing Tinggi. Penelitian ini menggunakan analisa data kuantitatif dengan populasi seluruh siswa kelas XI SMAN 1 Tebing Tinggi Tahun Ajaran 2013/2014 berjumlah 155 siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling dengan mengambil 2 kelas, didapat jumlah sampel sebanyak 50 siswa. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik dokumentasi dan tes. Dari hasil analisis data tes melalui uji-t diperoleh nilai t hitung > t tabel atau t hitung =4,992 > t tabel = 1,677 pada tingkat signifikansi 5% (α=0,05). Dengan demikian menerima hipotesis kerja (Ha) yaitu terdapat pengaruh yang signifikan dari penerapan Strategi Pembelajaran Peningkatan Kemampuan Berpikir (SPPKB) dalam meningkatkan Hasil belajar Pendidikan Kewarganegaraan siswa kelas XI SMAN 1 Tebing Tinggi.