PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN ISU KONTROVERSIAL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI PADA MATA PELAJARAN PKN DI SMAN 1 BELITANG

Main Authors: Pratama, Rio Erwan; Universitas Sriwijaya, Faisal, Emil El; FKIP Universitas Sriwijaya, Waluyati, Sri Artati
Format: Article application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Universitas Sriwijaya , 2017
Online Access: http://ejournal.unsri.ac.id/index.php/jbti/article/view/4539
Daftar Isi:
  • Penelitian ini berjudul “Pengaruh Model Pembelajaran Isu Kontroversial Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas XI Pada Mata Pelajaran PKn di SMAN 1 Belitang”. Adapun permasalahan dalam penelitian ini adalah “apakah ada pengaruh Model Pembelajaran Isu Kontroversial dalam meningkatkan hasil belajar Pendidikan Kewarganegaraan siswa kelas XI SMAN 1 Belitang ?” sedangkan tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh Model Pembelajaran Isu Kontroversial dalam meningkatkan hasil belajar Pendidikan Kewarganegaraan siswa kelas XI SMAN 1 Belitang. Penelitian ini menggunakan analisa data kuantitatif dengan populasi seluruh siswa kelas XI SMAN 1 Belitang Tahun Ajaran 2013/2014 berjumlah 390 siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling dengan mengambil 2 kelas, didapat jumlah sampel sebanyak 72 siswa. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik dokumentasi dan tes. Dari hasil analisis data tes melalui uji-t diperoleh nilai t hitung > t tabel atau thitung = 1,745 > ttabel = 1,667 pada tingkat signifikansi 5% (α=0,05). Dengan demikian menerima hipotesis kerja (Ha) yaitu terdapat pengaruh yang signifikan dari penerapan Model Pembelajaran Isu Kontroversial Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas XI Pada Mata Pelajaran PKn di SMAN 1 Belitang