ANALISIS KESALAHAN DALAM MENYELESAIKAN SOAL PENERAPAN FISIKA DENGAN MENGGUNAKAN LEMBAR SELF-DIAGNOSIS PADA MAHASISWA PENDIDIKAN FISIKA FKIP UNIVERSITAS SRIWIJAYA
Main Authors: | Putri, Meice Pratama Sasa; Program Studi Pendidikan Fisika FKIP Universita Sriwijaya, Sudirman, Sudirman; Dosen Pendidikan Fisika FKIP Universitas Sriwijaya |
---|---|
Format: | Article application/pdf eJournal |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
Pendidikan Fisika FKIP Unsri
, 2016
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://ejournal.unsri.ac.id/index.php/jipf/article/view/3845 |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan seberapa baik mahasiswa Program Studi Pendidikan Fisika Universitas Sriwijaya dalam menganalisis kesalahan penyelesaian soal penerapan fisika dengan menggunakan lembar self-diagnosis. Penelitian ini dilakukan pada semester genap tahun ajaran 2014/2015 di Program Studi Pendidikan Fisika Universitas Sriwijaya. Pengumpulan data dilakukan dengan memberikan tes berupa soal essay serta lembar self-diagnosis. Data yang diperoleh dianalisis sesuai dengan self-diagnosis grading rubric. Berdasarkan analisa hasil penelitian diperoleh data hasil Researcher’s assessment of student’s self-diagnosis (RDS) pada aspek prinsip fisika (evaluasi umum) ) sebesar 0,91 pada soal nomor 1 dan sebesar 0,85 pada soal nomor 2 menunjukan bahwa mahasiswa sangat baik dalam menganalisa kesalahan mereka dalam penyelesaian soal penerapan fisika. Sedangkan pada aspek presentasi skor yang didapat sebesar 0,41 pada soal nomor 1 dan sebesar 0,39 pada soal nomor 2 sehingga dapat disimpulkan mahasiswa tidak cukup baik menganalisa presentasi penerapan prinsip pada penyelesaian soal fisika.