PENGARUH PEMBELAJARAN MISSOURI MATHEMATICS PROJECT (MMP) TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA
Main Authors: | Rahmiati, Rahmiati; Universitas Hamzanwadi, Fahrurrozi, Fahrurrozi; Universitas Hamzanwadi |
---|---|
Format: | application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Universitas Sriwijaya
, 2016
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://ejournal.unsri.ac.id/index.php/jpm/article/view/3634 |
Daftar Isi:
- Penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu dengan desain posttest only nonequivalent group design. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS Madrasah Aliyah Darussholihin NW Kalijaga TP 2016-2017. Sampel penelitian adalah kelas XI IPS2 dijadikan sebagai kelompok eksperimen dan XI IPS1 sebagai kelompok kontrol yang dipilih secara simple random. Instrumen penelitian ini adalah tes kemampuan pemecahan masalah (r = 0,875). Data posttest kemmapuan pemecahan masalah dianalisis dengan uji t-test Polled varians setelah memenuhi uji normalitas dan homogenitas. Hasil analisis data menunjukkaan yaitu 2,65 > 1,679. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang positif dan signifikan model pembelajaran missouri mathematics project (MMP) terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika. DOI: http://dx.doi.org/10.22342/jpm.10.2.3634.75-86