Analisis Kepuasan Konsumen Terhadap Produk Keripik Salak UMKM Salak Cristal Di Kecamatan Turi Kabupaten Sleman Yogyakarta
Main Authors: | Yolanda, Virekha, Suyono, Suyono, Kartika Eka Wijayanti, Irene |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Magister Science of Agribusiness, Department of Agribusiness, FEM-IPB University
, 2020
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://journal.ipb.ac.id/index.php/fagb/article/view/30649 http://journal.ipb.ac.id/index.php/fagb/article/view/30649/20434 |
Daftar Isi:
- UMKM Salak Cristal merupakan agroindustri yang bergerak pada pengolahan salak menjadi aneka produk olahan salak. UMKM Salak Cristal telah melakukan penjualan secara offline dan online, akan tetapi kurang memperhatikan konsumen serta strategi pemasaran. UMKM Salak Cristal bukanlah satu-satunya produsen pengolah salak di Sleman. Hal tersebut, membuat UMKM Salak Cristal membutuhkan informasi kepuasan konsumen untuk menyusun strategi pemasaran yang tepat agar mengetahui perubahan kebutuhan konsumen dan mencapai kepuasan konsumen. Oleh karena itu, peneliti perlu menganalisis kepuasan konsumen untuk membantu UMKM Salak Cristal dalam menyusun strategi pemasaran yang tepat. Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Menganalisis tingkat kepuasan terhadap produk keripik salak pada UMKM Salak Cristal Kecamatan Turi, Kabupaten Sleman, Yogyakarta; 2) Menganalisis strategi pemasaran yang dapat dilakukan untuk meningkatkan kepuasan konsumen terhadap produk keripik salak UMKM Salak Cristal Kecamatan Turi, Kabupaten Sleman, Yogyakarta. Metode penelitian yang digunakan adalah survei, dan metode pengambilan sampel yang digunakan pada penelitian ini adalah metode Non-probability sampling dengan teknik accidental sampling. Besarnya sampel sebanyak 100 responden dihitung menggunakan rumus linear time function. Metode analisis data yang digunakan adalah Customer Satisfaction Index (CSI) dan Importance Performance Analysis (IPA). Hasil penelitian menunjukan bahwa: 1) Nilai tingkat kepuasan konsumen terhadap atribut produk keripik salak UMKM Salak Cristal yaitu berada pada kriteria puas, 2) Strategi yang dapat diterapkan yaitu memperbaiki beberapa atribut yang harus ditingkatkan yaitu variasi rasa, penjualan online, promosi online, lokasi toko, seragam karyawan, kerapihan karyawan, proses pembayaran, display sesuai jumlah produk, dan label harga produk.
- UMKM Salak Cristal is an agro-industry that is engaged in processing salak into various processed salak products. UMKM Salak Cristal has offline and online sales, but less consumer noticed and marketing strategies. UMKM Salak Cristal is not the only salak manufacture producer in Sleman. Therefore it makes UMKM Salak Cristal need information on customer satisfaction to develop appropriate marketing strategies to know changes in consumer needs and achieve customer satisfaction. Accordingly, researchers need to analyze customer satisfaction to help UMKM Salak Cristal in developing the right marketing strategy. This study aimed to 1) Analyze the level of satisfaction with salak chips at UMKM Salak Cristal Turi District, Sleman Regency, Yogyakarta; 2) Determine the marketing strategies that can be done in UMKM Salak Cristal Turi District, Sleman Regency, Yogyakarta. The method of this research used survey method and the sampling method used in this study was the Non-probability sampling method with the accidental sampling technique. A total of 100 respondents were calculated using a linear time function formula. The methods of this research are used Important Performance Analysis (IPA) and Customer Satisfaction Index (CSI). The results showed that: 1) Customer satisfaction to salak chips product in UMKM Salak Cristal is on the criterion of satisfaction, 2) Product attributes that must be prioritized to be improved are taste variations, sales and online promotions, store locations, employee uniforms, neat-looking employees, payment processing, displays adjust of products, and product price tags.