PEMANFAATAN YOUTUBE DI KALANGAN MAHASISWA (Studi Penggunaan Youtube di Kalangan Mahasiswa Ilmu Komunikasi FISIP USU Medan dengan Pendekatan Uses and Gratification)
Main Author: | Sianipar, Aritas Puica; Universitas Sumatera Utara |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
FLOW
, 2015
|
Online Access: |
https://jurnal.usu.ac.id/index.php/flow/article/view/9930 https://jurnal.usu.ac.id/index.php/flow/article/view/9930/4418 |
Daftar Isi:
- Penelitian ini berjudul Pemanfaatan Youtube di Kalangan Mahasiswa. Sebuah studi deskriptif tentang penggunaan Youtube di kalangan mahasiswa Ilmu Komunikasi FISIP USU Medan dengan pendekatan Uses and Gratification. Youtube telah menjadi fenomena yang mendunia yang merupakan situs video sharing yang berfungsi sebagai sarana untuk berbagi video secara online dan 68% jumlah pengguna situs Youtube yang paling banyak di Indonesia adalah remaja dewasa dan pemuda yang mayoritas mereka berasal dari kalangan pelajar maupun mahasiswa, yang menggunakan situs Youtube sehingga berpotensi untuk pembentukan bakat diri seseorang. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana motif dan pemuasan kebutuhan oleh pengguna Youtube di kalangan mahasiswa Departemen Ilmu Komunikasi FISIP USU Medan. Teori yang digunakan dan dianggap relevan dalam penelitian ini adalah Teori Uses and Gratification dan Motif pemuas kebutuhan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif, yang hanya menggambarkan suatu situasi atau peristiwa penelitian, tanpa mencari atau menjelaskan hubungan, serta tidak menguji hipotesis atau membuat prediksi. Populasi dalam penelitian ini adalah para mahasiswa Departemen Ilmu Komunikasi FISIP USU angkatan 2009 dan 2010. Untuk menentukan jumlah sampel maka digunakan teknik penarikan sampel total sampling yakni kepada semua mahasiswa di kedua angkatan tersebut yang mengakses situs Youtube sehari-harinya yakni sebanyak 64 orang mahasiswa. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui dua cara, yaitu Penelitian Kepustakaan (Library research) dan Penelitian Lapangan (Field Research). Teknik analisis data yang digunakan adalah analisa tabel tunggal dengan menggunakan aplikasi Statistical Product and System Solution (SPPS) 16. Kesimpulan dari penelitian ini adalah Pemanfaatan situs Youtube di kalangan mahasiswa Ilmu Komunikasi angkatan 2009-2010 umumnya berupa penggunaan berbagai video yang terdapat di dalam situs tersebut dalam upaya pemenuhan kebutuhan pada diri responden. Melalui situs Youtube para responden memiliki banyak pengetahuan, mulai dari informasi berita terbaru baik itu berita nasional maupun internasional, informasi terkait hiburan seperti video musik terbaru, film yang baru saja dirilis, berbagai ilmu pengetahuan sebagai penunjang tugas harian mereka sebagai seorang mahasiswa dan juga kreativitas dalam bermusik ataupun berkarya. Situs Youtube mampu memberikan sebuah alternatif jawaban akan pertanyaan yang para responden miliki dan terjawab melalui informasi yang terdapat di dalam situs tersebut. Kata kunci: Uses and Gratification, Situs Youtube, Motif Kebutuhan