Ask.Fm dan Keterbukaan Diri (Studi Kasus Penggunaan Jejaring Sosial Ask.Fm dan Keterbukaan Diri di Kalangan Siswa SMA Negeri 3 Medan)
Main Author: | Putri, Nurul Rezekiah; Universitas Sumatera Utara |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
FLOW
, 2017
|
Online Access: |
https://jurnal.usu.ac.id/index.php/flow/article/view/16837 https://jurnal.usu.ac.id/index.php/flow/article/view/16837/7110 |
Daftar Isi:
- ABSTRAK Penelitian ini berjudul Ask.Fm dan Keterbukaan diri (Studi Kasus Penggunaan Jejaring Sosial Ask.Fm dan Keterbukaan Diri di Kalangan Siswa SMA Negeri 3 Medan). Penelitian ini menggunakan metode studi kasus karena melihat banyaknya fenomena yang terjadi di jejaring sosial Ask.Fm. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui alasan menggunakan jejaring sosial Ask.Fm dan keterbukaan diri melalui jejaring sosial Ask.Fm. Objek penelitian ini tentang keterbukaan diri siswa melalui jejaring sosial Ask.Fm, dan subjek penelitian ini adalah siswa SMA Negeri 3 Medan yang berjumlah 5 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu hasil wawancara mendalam dan observasi serta penelitian kepustakaan melalui literatur dan sumber bacaan. Teknik analisis data yang digunakan yaitu, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Ask.Fm adalah sebuah jejaring sosial yang hanya memiliki fitur untuk tanya jawab antara penggunanya. Pengguna bebas memberikan pertanyaan apapun bahkan dengan menyembunyikan identitas. Penelitian ini mengungkapkan bahwa alasan seluruh informan menggunakan jejaring sosial Ask.Fm adalah untuk mencari tahu informasi mengenai orang lain melalui pertanyaan yang diajukan dengan memberikan maupun menyembunyikan identitas. Keterbukaan diri melalui jejaring sosial Ask.Fm dilakukan karena ingin memberi tahu informasi yang benar tentang dirinya dan menghindari pertanyaan negatif. Keterbukaan diri yang dilakukan seluruh informan mengenai informasi diri, kegiatan sehari-hari, pengalaman, pertemanan dan percintaan. Kata kunci: Ask.Fm, Keterbukaan Diri, Komunikasi Antarpribadi, Studi Kasus