EKSTERNAL PUBLIC RELATIONS DAN CITRA PERUSAHAAN (Studi korelasional tentang Pengaruh Eksternal Public Relations dalam Meningkatkan Citra Perusahaan di Kalangan Nasabah Bank Sumut Cabang Marendal Kota Medan)
Main Author: | Diniasty, Pratika; Universitas Sumatera Utara |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
FLOW
, 2016
|
Online Access: |
https://jurnal.usu.ac.id/index.php/flow/article/view/12791 https://jurnal.usu.ac.id/index.php/flow/article/view/12791/5552 |
Daftar Isi:
- Penelitian ini berjudul Eksternal Public Relations dan Citra Perusahaan (Studi Korelasional Pengaruh Eksternal Public Relations dalam Meningkatkan Citra Perusahaan di Kalangan Nasabah Bank SUMUT Cabang Marendal Kota Medan). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kegiatan eksternal public relations khususnya dalam bidang costumer service Bank SUMUT Kantor Cabang Pembantu Marendal kota Medan dalam upaya meningkatkan citra perusahaan di kalangan nasabah. Teori yang digunakan dan dianggap relevan dalam penelitian ini adalah Teori Komunikasi, Komunikasi Organisasi, Komunikasi Pemasaran, Public Relations, Eksternal Public Relations, dan Citra Perusahaan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode korelasional, yang bertujuan untuk menemukan ada tidaknya hubungan, seberapa besar hubungan tersebut dan berarti tidaknya hubungan antara Eksternal Public Relations dengan peningkatan citra perusahaan. Populasi dalam penelitian ini adalah para nasabah Bank SUMUT Kantor Cabang Pembantu Marendal pada bulan November 2011-April 2012, yang berjumlah 6.585 orang. Untuk menentukan jumlah sampel maka digunakan rumus Taro Yamane dengan presisi 10% dan tingkat kepercayaan 90% sehingga diperoleh sampel sebanyak 99 orang. Sementara teknik penarikan sampel yang digunakan yaitu Purposive Sample dan Accidental. Teknik pengumpulan data yang dilakukan dalam penelitian ini melalui dua cara, yaitu Penelitian Kepustakaan (Library research) dan Penelitian Lapangan (Field Research). Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisa tabel tunggal, analisa tabel silang dan uji hipotesa melalui rumus Koefisien Korelasi Tata Jenjang (Rank Order) oleh Spearman, dengan menggunakan aplikasi Statistical Product and System Solution (SPPS) 16. Dari hasil penelitian ini diperoleh rs sebesar 0,471, untuk melihat kuat lemahnya korelasi (hubungan) kedua variabel dalam penelitian ini digunakan skala Guilford. Berdasarkan pernyataan rs > 0, maka hipotesis diterima. Karena probabilitas lebih kecil dari 0,005 maka hal ini menunjukkan signifikansi, artinya hipotesis yang diterima dalam penelitian ini adalah Ha (hipotesis alternatif), yaitu terdapat hubungan antara Eksternal Public Relations Bank SUMUT terhadap citra perusahaan di kalangan nasabah Bank SUMUT Kantor Cabang Pembantu Marendal. Kemudian untuk menguji tingkat signifikansi pengaruh variabel X terhadap variabel Y masih menggunakan aplikasi SPSS 16 serta untuk mengetahui besar kekuatan pengaruh variabel X terhadap Y digunakan Uji Determinan Korelasi. Dari hasil penelitian ini, menunjukkan bahwa terdapat hubungan antara Eksternal Public Relations dengan peningkatan citra perusahaan. Maka dapat disimpulkan bahwa kekuatan hubungan antara variabel X dan variabel Y dalam penelitian ini adalah sebesar 22% artinya sebesar 78% responden meyakini peningkatan citra perusahaan Bank SUMUT disebabkan karena aktivitas Eksternal Public Relations yang sudah dijalankan oleh Bank SUMUT. Kata Kunci : Citra Perusahaan, Eksternal Public Relation, Bank Sumut