HEDONISME DALAM IKLAN (Analisis Semiotika Hedonisme Dalam Iklan Televisi Ice Cream Magnum Versi “Undian Berhadiah Wisata Belanja di Lima Kota Besar di Dunia”)
Main Author: | Alquddus, Rafsan Jani; Universitas Sumatera Utara |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
FLOW
, 2016
|
Online Access: |
https://jurnal.usu.ac.id/index.php/flow/article/view/12772 https://jurnal.usu.ac.id/index.php/flow/article/view/12772/5539 |
Daftar Isi:
- Penelitian ini berjudul Hedonisme Dalam Iklan (Analisis Semiotika Hedonisme Dalam Iklan Televisi Ice Cream Magnum versi “Undian Berhadiah Wisata Belanja di Lima Kota Besar di Dunia”), tayang sejak 18 Maret 2011 sampai 18 Maret 2012. Objek penelitian ini adalah Iklan Televisi Ice Cream Magnum versi “Undian Berhadiah Wisata Belanja di Lima Kota Besar di Dunia” menggunakan semiotika Roland Berthes guna melihat lebih dalam upaya menggambarkan hubungan makna yang terdapat dalam tanda, melalui tahapan denotasi, konotasi dan mitos. Subjek penelitian ini yakni budaya hedonisme yang terdapat pada Iklan Televisi Ice Cream Magnum versi “Undian Berhadiah Wisata Belanja di Lima Kota Besar di Dunia”. Tujuan penelitian ini guna mengetahui pertama, sistem tanda yang melingkupi pemaknaan dan bahasa visual, kedua, untuk mengetahui makna denotasi dan konotasi hingga tahap mitos, dan ketiga untuk mengetahui bentuk perilaku hedonisme. Kesimpulan penelitian adalah keseluruhan sistem tanda yang melingkupi pemaknaan dan bahasa visual yang terdapat pada iklan Ice Cream Magnum ini memberikan gambaran kesenangan dan kebahagiaan yang diingikan oleh masyarakat di era kini yang digambarkan dalam bentuk kebutuhan berupa uang, benda, serta segala sesuatu yang berharga mahal dan mewah, dan diidentikkan sebagai bentuk kebahagiaan dan kesenangan. Kata Kunci : Semiotika, Semiotika Roland Barthes, Hedonisme, Iklan Televisi