PRESS RELEASE DAN CITRA PEMERINTAH (Studi Korelasional Tentang Pengaruh Press Release Bagian Hubungan Masyarakat Terhadap Citra Pemerintah Kota Medan di Masyarakat Kota Medan)
Main Author: | Sari, Elta Mala; Universitas Sumatera Utara |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
FLOW
, 2016
|
Online Access: |
https://jurnal.usu.ac.id/index.php/flow/article/view/12768 https://jurnal.usu.ac.id/index.php/flow/article/view/12768/5535 |
Daftar Isi:
- Penelitian ini berjudul Press Release dan Citra Pemerintah (Studi Korelasional Tentang Pengaruh Press Release Bagian Hubungan Masyarakat Terhadap Citra Pemerintah Kota Medan di Masyarakat Kota Medan). Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode korelasional, yang bertujuan untuk menemukan ada tidaknya hubungan, seberapa besar hubungan, dan berarti atau tidaknya hubungan. Populasi dalam penelitian ini adalah masyarakat Kota Medan yang membaca surat kabar (koran). Untuk menentukan jumlah sampel, digunakan rumus Lemeshow sehingga diperoleh sampel sebanyak 100 orang. Sementara teknik penarikan sampel yang digunakan yaitu area sampling, purposive sampling, dan accidental sampling. Teknik pengumpulan data yang dilakukan dalam penelitian ini melalui dua cara, yaitu penelitian kepustakaan (library research) dan penelitian lapangan (field research). Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis tabel tunggal, analisis tabel silang, dan uji hipotesis melalui rumus Koefisien Korelasi Tata Jenjang (Rank Order) oleh Spearman dengan menggunakan aplikasi SPSS 17.0. Dari hasil penelitian ini diperoleh rs sebesar 0,681, untuk melihat kuat lemahnya korelasi (hubungan) kedua variabel dalam penelitian ini digunakan Skala Guilford. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang cukup berarti antara press release Bagian Hubungan Masyarakat dengan citra pemerintah Kota Medan. Kemudian untuk mengetahui besar kekuatan pengaruh antara variabel X terhadap variabel Y digunakan uji determinan korelasi. Dan ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh press release Bagian Hubungan Masyarakat dengan kekuatan 46% dalam mempengaruhi citra Pemerintah Kota Medan, dan 54% dipengaruhi oleh faktor lain seperti pengalaman langsung, dan lainnya. 1Kata kunci: Press Release, Public Relations, Citra Pemerintah, Kota Medan