MASKULINITAS DALAM IKLAN TELEVISI (ANALISIS SEMIOTIKA MASKULINITAS DALAM IKLAN TELEVISI GUDANG GARAM MERAH VERSI “THE CAFÉ”)
Main Author: | Girsang, Romi C; Universitas Sumatera Utara |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
FLOW
, 2016
|
Online Access: |
https://jurnal.usu.ac.id/index.php/flow/article/view/12738 https://jurnal.usu.ac.id/index.php/flow/article/view/12738/5520 |
Daftar Isi:
- Penelitian ini berjudul “Maskulinitas dalam Iklan Televisi (Analisis Semiotika Maskulinitas Dalam Iklan Televisi Gudang Garam Merah Versi “The Cafe”). Iklan ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana maskulinitas ditampilkan dalam iklan serta untuk mengetahui makna dan mitos apa saja yang muncul dalam iklan Gudang Garam Merah versi The Cafe. Rokok sangat dekat dan melekat pada laki-laki. Dalam iklan rokok, laki-laki selalu dicitrakan sebagai makhluk yang maskulin. Teori yang digunakan, yaitu: Komunikasi, Komunikasi Massa, Iklan, Semiotika, Semiotika Roland Barthes, Semiotika Komunikasi Visual, Maskulinitas. Penelitian ini menggunakan kerangka analisis semiologi Roland Barthes, yaitu analisis leksia dan analisis lima kode pembacaan dalam level denotasi, konotasi dan mitos. Hasil penelitian ini menemukan Maskulinitas yang digambarkan dalam iklan Gudang Garam Merah versi The Cafe adalah maskulinitas tradisional dan maskulinitas baru (new masculinities). Makna denotasi yang terdapat dalam iklan ini yaitu laki-laki yang disebut maskulin adalah laki-laki yang memiliki fisik kuat, keras, dan macho, mampu menghangatkan suasana, dan mampu menunjukkan rasa kasih sayang kepada orang lain. Makna konotasi yang terdapat dalam iklan ini digambarkan lewat simbol-simbol seperti harmonika, warna merah, simbol huruf ‘g’, dan tag line. Mitos yang terdapat dalam iklan ini adalah rokok merupakan lambang maskulinitas. Kata kunci : Maskulinitas, Iklan Gudang Garam Merah, Iklan Televisi