TAYANGAN IKLAN POND’S WHITE BEAUTY DI TELEVISI DAN PERILAKU KONSUMEN (Studi Korelasional tentang Pengaruh Tayangan Iklan Pond’s White Beauty di Televisi Terhadap Perilaku Konsumen di Kalangan Mahasiswi FISIP USU)
Main Author: | arnita, yuni; Universitas Sumatera Utara |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
FLOW
, 2016
|
Online Access: |
https://jurnal.usu.ac.id/index.php/flow/article/view/12686 https://jurnal.usu.ac.id/index.php/flow/article/view/12686/5509 |
Daftar Isi:
- Penelitian ini berjudul Tayangan Iklan Pond’s White Beauty di Televisi dan Perilaku Konsumen (Studi Korelasional Tentang Pengaruh Tayangan Iklan Pond’s White Beauty di Televisi Terhadap Perilaku Konsumen di Kalangan Mahasiswi Program Strata 1 FISIP USU angkatan 2012). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh iklan Pond’s White Beauty melalui media televisi terhadap perilaku konsumen di kalangan mahasiswi. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah AIDDA. Metode yang digunakan adalah korelasional. Populasi adalah mahasiswi FISIP USU angkatan 2012 program S1 reguler yang berjumlah 436 orang. Untuk menentukan sampel digunakan teknik Stratified Proporsional Random Sampling dan Purpossive Sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan analisis tabel tunggal, analisis tabel silang dan uji hipotesis Spearman Rho, menggunakan piranti lunak Statistical Product and System Solutions (SPSS) versi 16.0 dan skala Guildford. Berdasarkan hasil pencarian melalui SPSS, nilai koefisien korelasi sebesar 0,699. Dari hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Ha diterima yaitu: “terdapat hubungan antara tayangan iklan Pond’s White Beauty di televisi terhadap perilaku konsumen di kalangan mahasiswi FISIP USU”. Uji determinasi sebesar 49%. Hal ini menunjukkan bahwa kekuatan pengaruh iklan Pond’s White Beauty melalui media televisi terhadap perilaku konsumen di kalangan mahasiswi FISIP USU adalah 49% dan terdapat 51% faktor-faktor lain yang tidak diukur pada penelitian ini. Kata Kunci: Iklan, Pond’s White Beauty, Televisi, Perilaku Konsumen.