INSTAGRAM DAN PEMENUHAN KEBUTUHAN PENGGUNA INSTAGRAM DI KALANGAN MAHASISWA ILMU KOMUNIKASI FISIP USU (Studi Korelasional antara Motif Penggunaan Instagram dan Pemenuhan Kebutuhan Pengguna Instagram di Kalangan Mahasiswa Ilmu Komunikasi Angkatan 2011 dan 2

Main Author: meidina, adinda; universitas sumatera utara
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: FLOW , 2015
Online Access: https://jurnal.usu.ac.id/index.php/flow/article/view/11644
https://jurnal.usu.ac.id/index.php/flow/article/view/11644/5000
Daftar Isi:
  • Tujuan penelitian ini untuk mengetahui motif pengguna Instagram, mengetahui pemenuhan kebutuhan pengguna Instagram, dan untuk mengetahui hubungan antara motif dengan pemenuhan kebutuhan dalam penggunaan Instagram. Teori yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan teori komunikasi, komunikasi massa dan perkembangan teknologi komunikasi, Uses and Gratification, Gratification Sought dan Gratification Obtained, Motif penggunaan media, media baru dan sosial networking. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode korelasional, yang bertujuan untuk menemukan ada tidaknya hubungan, seberapa besar hubungan tersebut dan berarti tidaknya hubungan antara penggunaan Instagram terhadap pemenuhan kebutuhan pengguna Instagram. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh pengguna Instagram di kalangan mahasiswa Ilmu Komunikasi angkatan 2011 dan 2012 FISIP USU yang berjumlah 132 orang. Untuk menentukan jumlah sampel digunakan tabel dari Krejcie dan Morgan 1970 dengan presisi 5% dan taraf kepercayaan 95% sehingga diperoleh sampel sebanyak 97 orang. Sementara teknik penarikan sampel yang digunakan yaitu proposional stratified sampling dan simpel random sampling. Berdasarkan hasil penelitian ini terdapat hubungan yang cukup berarti antara motif penggunaan Instagram dan pemenuhan kebutuhan pengguna Instagram dikalangan Mahasiswa Ilmu Komunikasi Angkatan 2011 dan 2012 FISIP USU. Motif penggunaan Instagram adalah diversi (hiburan) yaitu menjelajahi timeline Instagram ketika sedang mengisi waktu luang sedangkan pemenuhan kebutuhan yang terpenuhi juga terdapat pada kepuasan hiburan. Kata Kunci: Instagram, Uses and Gratification, Motif Penggunaan Media, Media Baru