TWITTER DAN KONSEP DIRI (Studi Deskriptif Kualitatif Konsep Diri Mahasiswa Pengguna Media Sosial Twitter di FISIP Ilmu Komunikasi Universitas Sumatera Utara)

Main Author: Zatalini, Naishya Indria; Universitas Sumatera Utara
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: FLOW , 2015
Online Access: https://jurnal.usu.ac.id/index.php/flow/article/view/11561
https://jurnal.usu.ac.id/index.php/flow/article/view/11561/4966
Daftar Isi:
  • Penelitian ini berjudulTwitter dan Konsep Diri (Studi Deskriptif KualitatifKonsep Diri Mahasiswa Pengguna Media Sosial Twitter di FISIP Ilmu Komunikasi Universitas Sumatera Utara). Twitter mempermudah akses komunikasi, bertukar informasi dan koneksi baik antar mahasiswa, maupun dengan lingkungan sekitarnya. Suksesnya komunikasi interpersonal bergantung kepada mutu konsep diri seseorang, maka yang menjadi fokus masalah dari penelitian ini adalah “Bagaimana konsep diri pengguna media sosial Twitter di FISIP Ilmu Komunikasi USU?”. Subjek penelitian adalah 5 orang mahasiswa FISIP Departemen Ilmu Komunikasi Universitas Sumatera Utara yang ditemukan dengan cara menggunakan metode purposive samplingdansnowballing sampling. Penelitian bertujuan untuk mengetahui karakteristik pengguna twitter, alasan menggunakan twitter, dan konsep diri pengguna twitter.Penelitian ini menggunakan teori yang di anggap relevan yaitu komunikasi interpersonal, konsep diri, teori sifat dan atribusi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi deskriptif kualitatif.Penelitian ini menggunakan paradigma konstruktivisme sebagai pendekatan yang merupakan konstruksi sosial, kebenaran suatu realitas bersifat relatif, dan dinilai relevan oleh pelaku sosial.Pengumpulan data diperoleh melalui penelusuran data online, penelitian kepustakaan dan wawancara mendalam terhadap informan. Teknik analisis data yang digunakan adalah Miles and Huberman yaitu peneliti melakukan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan serta verifikasi. Hasil penelitian ialah mahasiswa sebagai pengguna twitter memiliki karakteristik yang merupakan profil dari masing-masing informan pengguna twitter, alasan yang mendorong mahasiswa menggunakan twitter yaitu untuk menambah jaringan pertemanan, mengikuti zaman/trend dan kebutuhan akan informasi. Konsep diri yang meliputi watak, peran hidup dan kecakapan merupakan hal utama pada individuuntuk memiliki konsep diri positif dalam mencapai keberhasilan komunikasi interpersonal. Kata kunci: Mahasiswa,Twitter, Konsep Diri