Evaluasi implementasi kurikulum mengacu KKNI di Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang

Setiap perguruan tinggi mengembangkan kurikulumnya dengan mengacu pada Standar Nasional Pendidikan Tinggi untuk setiap program studi, yang mencakup pengembangan kecerdasan intelektual, akhlak mulia, dan keterampilan. Kurikulum Pendidikan Tinggi merupakan amanah institusi yang harus senantiasa diperb...

Full description

Format: Book
Bahasa: ind
Terbitan: Palembang : Rafah Press , 2019.
Edition: Cetakan I, November 2019
Subjects:
Summary: Setiap perguruan tinggi mengembangkan kurikulumnya dengan mengacu pada Standar Nasional Pendidikan Tinggi untuk setiap program studi, yang mencakup pengembangan kecerdasan intelektual, akhlak mulia, dan keterampilan. Kurikulum Pendidikan Tinggi merupakan amanah institusi yang harus senantiasa diperbaharui sesuai dengan perkembangan kebutuhan, ilmu pengetahuan dan teknologi yang dituangkan dalam Capaian Pembelajaran (CP). Perguruan tinggi sebagai penghasil sumber daya manusia terdidik perlu mengukur lulusannya, apakah lulusan yang dihasilkan memiliki kemampuan setara dengan Capaian Pembelajaran yang telah dirumuskan dalam jenjang kualifikasi Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI). Setiap perguruan tinggi wajib menyesuaikan diri dengan ketentuan tersebut. Hal ini dimaksudkan agar perguruan tinggi dapat menghasilkan lulusan yang siap menghadapi tantangan dan peluang kehidupan yang semakin kompleks dan siap bersaing di era global. Implementasi KKNI dalam pengembangan kurikulum PTKI menjadi suatu keniscayaan dengan tetap memperhatikan aspek kekhususan dari PTKI. Kurikulum pendidikan tinggi merupakan sebuah program untuk menghasilkan lulusan sehingga program tersebut seharusnya menjamin agar lulusannya memiliki kualifikasi yang setara dengan kualifikasi yang disepakati dalam KKNI. Sebagai sebuah program, maka garis besar kurikulum mencakup empat unsur, yakni capaian pembelajaran, bahan kajian yang harus dikuasai, strategi pembelajaran untuk mencapai capaian pembelajaran, dan sistem penilaian ketercapaiannya. Unsur-unsur ini harus diimplementasikan dalam pengelolaan sistem pendidikan di perguruan tinggi. Sementara itu, secara operasional, sebuah program dapat dilihat dalam implementasi context input, process dan product.
Item Description: Buku ini diterbitkan atas kerja sama Rafah Press dengan Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat UIN RF Palembang
Indeks
Physical Description: vii, 150 halaman ; 25 cm
Bibliography: Bibliografi : halaman 142-144
ISBN: 9786232500518