Summary: |
Community relations mengacu pada berbagai metode yang digunakan perusahaan untuk membangun dan memelihara hubungan yang saling menguntungkan dengan masyarakat tempat mereka beroperasi. Prinsip dasar hubungan masyarakat adalah bahwa ketika sebuah perusahaan menerima tanggung jawab kewarganegaraannya dan memiliki minat aktif dalam kesejahteraan komunitasnya, maka perusahaan memperoleh sejumlah manfaat jangka panjang dalam hal dukungan masyarakat, loyalitas, dan niat baik. Keterlibatan masyarakat membangun citra publik dan moral karyawan, dan menumbuhkan rasa kerja tim yang penting dalam keberhasilan jangka panjang. Program community relations yang komprehensif dan berkelanjutan dapat membantu hampir semua organisasi mencapai visibilitas yang baik. Organisasi diakui eksistensinya ketika mereka mendukung program yeng meningkatkan kualitas hidup di komunitas mereka, termasuk pencegahan kejahatan, pekerjaan, program lingkungan, dan lain-lain. Program community relations yang baikjuga menawarkan berbagai manfaat bagi usaha kecil. Oleh karena itu, kegiatan community relations saat ini sudah menjadi suatu keharusan.Buku ini mencoba untuk mendiskripsikan dan mengidentifikasi bentuk-bentuk kegiatan community relations, baik secara teori maupun praktik. diharapkan melalui buku ini akan ada pemahaman baru bahwa community relations tidak hanya sekadar kewajiban perusahaan terkait responsibility kepada masyarakat, namun lebih dari itu. community relations tidak hanya kegiatan tahunan dalam bingkai corporate social responsibility, tetapi juga bagaimana korporasi menunjukan empati dan hadir di tengah-tengah masyarakat sebagai bagian dari tanggung jawabnya terhadap komunitas.
|