Summary: |
Abad ke-21 merupakan era transformasi pendidikan. Transformasi ini dipicu oleh banyak faktor, antara lain karena menguatnya kesadaran tentang Hak-hak Asasi Manusia (HAM), demokratisasi, serta kemajuan teknologi dan informasi, ditambah dengan problema kemanusiaan dan lingkungan alam yang semakin kompleks. Keadaan ini mendorong Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) dan United Nation for Education,Science and Culture Organization (UNESCO) untuk melaksanakan kongres, simposium dan sejenisnya yang kemudian melahirkan sejumlah deklarasi dan rekomendasi yang mengarah pada perubahan paradigma pendidikan dan pembelajaran.Buku Rancang-bangun Pendidikan Berbasis Paradigma Wahdah Al- 'Ulum di U/N Sumatera Utara merupakan bagian dari usaha sivitas akademika UIN Sumatera Utara untuk melengkapi rujukan dalam rangka penerapan pendidikan berorientasi pengetahuan integratif di universitas ini.Gagasan dan konsep yang terpapar dalam buku ini merupakan hasil pemikiran dari sekelompok kecil dosen UIN Sumatera Utara yang tergabung dalam lembaga nonstruktural "Pusat Studi Transdisipliner''.Semoga buku ini dapat memberikan m faat bagi para pembaca, baik mahasiswa, dosen,guru,dan masyarakat pada umumnya.
|