Summary: |
Guru dalam pandangan Islam adalah orang yang memiliki tanggung jawab terhadap perkembangan anak didik dengan mengupayakan seluruh potensi, baik potensi kognitif, potensi afektif, maupun potensi psikomotorik. Kegiatan proses belajar mengajar dengan segala aktivitasnya merupakan titik sentral bagi guru sehubungan dengan fungsinya sebagai pendidik, pengajar, dan pembimbing. Salah satu upaya menciptakan kegiatan proses belajar-mengajar yang mampu mengoptimalkan minat belajar siswa dengan cara seorang guru melakukan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Di dalam buku ini secara lugas ditampilkan poin penting seorang guru perlu melakukan kegiatan PTK, konsep dasar kegiatan PTK, rancangan kegiatan PTK, kualitas pembelajaran, profesionalisme guru, kompetensi belajar siswa. Dengan adanya buku ini diharapkan dapat menjadi rujukan bagi para mahasiswa khususnya Jurusan Tarbiyah sebagai generasi calon pendidik dalam memahami dan mempraktikkan kegiatan Penelitian Tindakan Kelas.
|