Summary: |
Pembelajaran yang difokuskan pada keaktifan belajar, menekankan pada proses belajar siswa, bukan pada proses pembelajaran itu sendiri. Misalnya terdapat seorang guru yang menginginkan agar siswanya memahami suatu konsep. Hal yang harus dilakukan oleh guru bukan dengan mengajarkan konsep tersebut, akan tetapi mendorong keaktifan siswa untuk belajar melalui suatu kegiatan tertentu sehingga siswa dapat menemukan sendiri konsep tersebut. Ketika siswa sudah dapat menemukan sendiri konsep yang diajarkan oleh gurunya, maka siswa dapat dengan mudah mengikuti pembelajaran, dan hal demikian tentu dapat berpengaruh terhadap prestasi belajar khususnya pada mata pelajaran matematika. Guna mengatasi permasalahan di atas, khususnya dalam pembelajaran materi operasi hitung bilangan bulat, langkah yang perlu dilakukan adalah mengupayakan agar siswa dapat dengan mudah memahami materi tersebut. Salah satunya melalui model kooperatif STAD (Student Teams Achievement Division ). STAD adalah salah satu model pembelajaran kooperatif dengan sintaks pengarahan buat kelompok heterogen 4-5 orang yang mewakili siswa dengan tingkat kemampuan dan jenis kelamin yang berbeda. Guru memberikan pembelajaran selanjutnya siswa bekerja dalam kelompoknya masing-masing untuk memastikan bahwa semua anggota kelompok telah menguasai pelajaran yang telah diberikan. Kemudian siswa mengerjakan tes atau materi yang diberikan dan mereka harus mengerjakan sendiri tanpa bantuan dari orang lain.
|