Summary: |
Masa anak sekolah adalah masa yang penting dalam siklus kehidupan manusia. Masa prasekolah yang dilewati oleh anak pada usia 3-5 tahun memiliki ciri khas tersendiri dan memerlukan pananganan yang spesifik. Masalah temper tantrum merupakan masalah yang paling sering dihadapi oleh orang tua dan guru pada masa prasekolah. Temper tantrum pada anak dapat dicegah dengan cara membuat jadwal yang rutin akan tetapi masih fleksibel untuk anak, memberikan peringatan dan petunjuk sebelum mengalihkan aktivitas anak, mengajari anak mengenali kondisi yang sulit dan mengajarkan anak keterampilan untuk meminta bantuan saat mengalami kesulitan. Penatalaksanaan temper tantrum yang tidak tepat seperti memarahi anak secara berlebihan saat tantrum atau menuruti kemauan anak saat tantrum akan menyebabkan hendaya perilaku di kemudian hari. Oleh karena itu, orang tua dan guru harus memahami penanganan temper tantrum yang tepat. Buku ini terdiri dari tiga bab yaitu bab pertama berisi tentang aspek psikologis anak prasekolah, bab kedua berisi temper tantrum dan orang tua, dan bab ketiga bagaimana mencegah temper tantrum
|