Summary: |
Kualitas pendidikan sangat bergantung kepada pemimpin satuan pendidikan, khususnya, kepala sekolah yang efektif. Kepala sekolah yang efektif cenderung melibatkan guru dalam berbagai aspek dengan harapan terjadi akuisisi program dan kegiatan termasuk pengambilan keputusan. Upaya pelibatan guru dalam pembuatan keputusan bertujuan membantu guru mencapai kepuasan kerjanya. Kepala sekolah yang efektif dan guru yang puas dapat berkontribusi secara signifikan terhadap sekolah yang efektif dan sekolah yang efektif berbanding lurus dengan terciptanya pendidikan yang berkualitas. Sekalipun ide dan gagasan ini dapat dipahami dengan baik, literatur yang menunjukkan ide dan gagasan, terutama hasil-hasil penelitian tentang gaya pembuatan keputusan kepala sekolah masih sangat sedikit terpublikasi, terlebih dalam konteks sekolah di Indonesia. Oleh karena itu, buku ini hadir dalam upaya mengatasi kesenjangan ini dengan harapan dapat berguna bagi para pembaca, terutama peneliti, dosen, pemimpin pendidikan, guru, dan mereka yang peduli terhadap kualitas Pendidikan di Indonesia.
|