Pelaksanaan supervisi akademik di madrasah tsanawiyah Kota Palembang (35 MTs)

Pengawasan atau supervisi merupakan aktifitas penting dalam praktek penyelenggaraan pendidikan. Kegiatan kepengawasan dimaksudkan sebagai kegiatan control terhadap seluru kegiatan pendidikan untuk mengarahkan, mengawasi, membina dan mengendalikan dalam pencapaian tujuan sehingga kegiatan kepengawasa...

Full description

Format: Book
Bahasa: ind
Terbitan: Palembang : Noer Fikri Offset , 2019.
Edition: Cetakan I, Oktober 2019
Subjects:
Summary: Pengawasan atau supervisi merupakan aktifitas penting dalam praktek penyelenggaraan pendidikan. Kegiatan kepengawasan dimaksudkan sebagai kegiatan control terhadap seluru kegiatan pendidikan untuk mengarahkan, mengawasi, membina dan mengendalikan dalam pencapaian tujuan sehingga kegiatan kepengawasan dilakukan sejak dari tahap perencanaan sampai pada tahap evaluasi yang akan berfungsi sebagai feedback tindak lanjut dalam rangka perbaikan dan peningkatan mutu pendidikan. Penelitian ini hanya membahas pengawasan akademik saja dengan maksud agar pembahasannya lebih fokus dan mendalam sehingga akan lebih dapat menyumbangkan pemikiran di bidang pendidikan yang lebih aplikatif. Kinerja bidang akademik dapat tergambar dengan jelas dalam kinerja guru, karena gurulah yang melakukan aktifitas akademik secara langsung bersama siswa dalam proses pembelajaran. Dalam melaksanakan tugasnya, guru perlu mendapat motivasi, arahan, bimbingan, pembinaan melalui supervisi akademik pengawas untuk meningkatkan kinerja guru yang pada akhirnya akan meningkatkan efektivitas dan kualitas pembelajaran, yang akan bermuara pada pencapaian tujuan pendidikan. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa supervisi akademik Pengawas Madrasah Tsanawiyah di Koa Palembang dilakukan dengan memenuhi standar procedural, mulai dari tahap perencanaan, pelaksanaan, dan pelaporan dengan menggunakan seperangkat instrument yang diperlukan serta dilakukan dengan cara-cara modern. Dilihat dari sisi hasilnya, hanyamencapai nilai minimal, belum maksimal, hal ini dapat dimaklumi karena upaya peningkatan mutu akademik tidak bisa hanya dengan supervisi akademik Pengawas saja, tetapi faktor lain dalam aspek penyelenggaraan pendidikan secara simultan menetukan keberhasilan upaya peningkatan mutu pendidikan seara umum.
Physical Description: 206 halaman ; 21 cm
Bibliography: Bibliografi : halaman 202-205
ISBN: 9786024474683