Summary: |
Pengalaman belajar bahasa Inggris khususnya Grammar harus dilakukan dengan cara yang menyenangkan dan membuat pembelajar bahasa menguasai konsep dengan baik. Pentingnya menguasai Grammar dengan baik memudahkan pembelajar bahasa untuk menyusun kalimat bahasa Inggris dari berbagai tenses. Pembelajar bahasa pesisir belum diberikan pemahaman tata bahasa yang baik dan tidak memiliki cukup waktu untuk mempelajari tata bahasa di sekolah. Untuk menguasai Grammar, teknik Stepping the 5 Stairs "A" menawarkan pembelajaran grammar yang menyenangkan. Sudah banyak teknik yang ditawarkan. Namun, teknik yang ada tidak mengakomodasi karakteristik metode pembelajaran bahasa yang berasal dari daerah tertentu. Pendekatan deskriptif merupakan metode pelaksanaan pengabdian kepada masyarakat. Tim melakukan survei lokasi dan wawancara dengan beberapa perwakilan warga dan orang tua pelajar pesisir. Lokasi pengabdian masyarakat ini berada di Desa Senggarang yang menjadi tempat kunjungan wisatawan mancanegara. Hasil pengabdian kepada masyarakat ini adalah: (1) Peningkatan pengetahuan dan pemahaman peserta didik pesisir tentang pembelajaran Tata Bahasa dengan menggunakan teknik Melangkah 5 Tangga ?A?, (2) Motivasi peserta didik pesisir untuk melanjutkan pembelajaran Tata Bahasa, dan (3) Adanya permintaan dari peserta didik pesisir, orang tua, RT, RW, dan Karang Taruna Senggarang kepada tim untuk melanjutkan kegiatan serupa kedepannya
|