Panduan dan modul BK bidang pribadi sosial untuk meningkatkan kemampuan membina rapport siswa

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) menghasilkan modul BK bidang pribadi sosial untuk meningkatkan kemampuan membina rapport yang layak secara isi, dan (2) mendeskripsikan tingkat keterpakaian modul BK bidang pribadi sosial untuk meningkatkan kemampuan membina rapport siswa oleh Guru BK/Konselor. Me...

Full description

Format: Book
Bahasa: ind
Terbitan: Binjai Utara : Budidaya Press , 2019
Edition: cetakan pertama September 2019
Subjects:
Summary: Penelitian ini bertujuan untuk: (1) menghasilkan modul BK bidang pribadi sosial untuk meningkatkan kemampuan membina rapport yang layak secara isi, dan (2) mendeskripsikan tingkat keterpakaian modul BK bidang pribadi sosial untuk meningkatkan kemampuan membina rapport siswa oleh Guru BK/Konselor. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan, dengan mengikuti langkah pengembangan model ADDIE. Subjek uji coba penelitian terdiri dari tiga orang ahli untuk uji kelayakan, dan delapan orang Guru BK/Konselor untuk uji keterpakaian. Penelitian dilakukan dengan uji coba produk penelitian dan Focus Group Discussion (FGD). Data hasil penelitian dianalisis dengan menggunakan analisis statistik deskriptif dan analisis statistik nonparametrik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) modul BK bidang pribadi sosial untuk meningkatkan kemampuan membina rapport dinilai layak dimanfaatkan oleh Guru BK/Konselor dalam memberikan pelayanan konseling, dan (2) tingkat keterpakaian modul BK bidang pribadi sosial untuk meningkatkan kemampuan membina rapport dengan teman sebaya dinilai tinggi. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, secara umum dapat disimpulkan bahwa produk penelitian yang dihasilkan dinyatakan layak dan dapat diimplementasikan untuk membantu siswa dalam rangka meningkatkan kemampuan membina rapport. Dengan demikian produk hasil penelitian ini dapat direkomendasikan untuk diperkenalkan dan digunakan oleh Guru BK/Konselor di sekolah lanjutan tingkat atas.
Modul ini diperuntukkan untuk guru BK/Konselor dan juga siswa. Untuk guru dibahas deskripsi panduan, landasan penyusunan modul, kegunaan modul, pemetaan kompetensi dasar dan indikator, susunan materi, bahan pendukung, petunjuk umum pelaksanaan, dan rencana layanan beserta isi lembar kegiatan siswa pada setiap bagian materi dan lembar evaluasi. Sedang kan untuk siswa membahas konsep membina rapport, etika pergaulan, kepekaan sosial, keterampilan komunikasi interpersonal, dan empati. Dari lima materi tersebut masing-masing kegiatan terdiri dari tujuan, indikator keberhasilan, waktu, langkah-langlah, materi, rangkuman, lembar kerja siswa, evaluasi
Physical Description: iii, 140 halaman : ilustrasi berwarna ; 28 cm
Bibliography: Bibliografi : halaman 112-115
ISBN: 9786239184612