Manajemen kinerja pengelolaan, pengukuran, dan implikasi kinerja

Manajemen dikenal dengan konsep ?6M? yaitu : Man, Money, Material, Machine, Methode, dan Market. Manajemen pada hakekatnya adalah pengelolaan berbagai sumber daya yang dimiliki (6M) untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan. SDM menjadi sentral dalam pencapaian tujuan organisasi, disamping berbaga...

Full description

Format: Book
Bahasa: ind
Terbitan: Depok : PT Rajagrafindo Persada , 2019
Edition: Cetakan ke-1, Januari 2019
Subjects:
Summary: Manajemen dikenal dengan konsep ?6M? yaitu : Man, Money, Material, Machine, Methode, dan Market. Manajemen pada hakekatnya adalah pengelolaan berbagai sumber daya yang dimiliki (6M) untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan. SDM menjadi sentral dalam pencapaian tujuan organisasi, disamping berbagai sumber daya-sumber daya lainnya. Oleh sebab itu, agar dapat mengelola berbagai sumber daya tersebut SDM harus berkualitas dan dikelola dengan baik melalui manajemen sumber daya manusia. Demikian juga halnya dalam pengelolaan kinerja, harus direncanakan dengan baik, diorganisasikan, digerakkan dan diawasi, sehingga kinerja dapat dicapai efektif, tujuan dicapai sesuai dengan target, bahkan efisien yang berarti dapat melebihi target, meskipun sumber daya yang digunkan lebih kecil atau sama dengan yang direncanakan. Kinerja merupakan hasil pekerjaan yang berhubungan signifikan dengan pencapaian tujuan strategis organisasi, kepuasan pelanggan, dan memberikan kontribusi pada ekonomi. Untuk memperoleh kinerja yang baik harus memperhatikan empat elemen pokok yaitu : deskripsi jabatan, menguraikan tugas dan tanggun jawab suatu jabatan sehingga pajabat yang akan melakukannya tahu secara pasti apa yang harus dilakukan ; bidang hasil dengan indicator kinerja harus jelas artinya harus mengetahui indicator keberhasilan tugas-tugasnya ; standard kinerja yang menunjukkan berhasil atau tidaknya tugas yang dilaksanakan tersebut ; dengan melaksanakan ketiga elemen tersebut secara sistematis diharapkan tujuan yang sudah ditetapkan akan dapat dicapai. Karena pertumbuhan organisasi sangat ditentukan oleh kinerja pegawai, maka menjadi kewajiban manajemen untuk mengelola kinerja tersebut, dengan melakukan perencanaan, melaksanakan rencana, memotivasi pegawai untuk berkinerja tinggi, mengevaluasi kenerja. Selain itu, penilaian kinerja yang dilakukan harus objektif dan transparan. Hasil penilaian tersebut ditindaklanjuti dan menjadi landasan berbagai kebijakan dalam pengelolaan SDM.
Physical Description: xxvii, 630 halamam : ilustrasi ; 26 cm
Bibliography: Bibliografi : halaman 623-628
ISBN: 9786024255992