Meningkatkan kompetensi guru dalam penyusunan perencanaan pembelajaran melalui supervisi kepala sekolah SDN Tempursari 03
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pendidikan berkarakter bangsa melalui pendekatan PAKEM di SDN Tempursari 03. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan sekolah(PTS) yang dilakukan melalui 2 siklus. Subjek pada penelitian tindakan sekolah ini adalah guru kelas SDN Tempursari 03 sejumlah...
Format: | Book |
---|---|
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
Jawa Timur :
Kun Fayakun
, 2019
|
Edition: | Cetakan Pertama, Juni 2019 |
Subjects: |
Summary: |
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pendidikan berkarakter bangsa melalui pendekatan PAKEM di SDN Tempursari 03. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan sekolah(PTS) yang dilakukan melalui 2 siklus. Subjek pada penelitian tindakan sekolah ini adalah guru kelas SDN Tempursari 03 sejumlah 6 orang wali kelas 1-6. Data dikumpulkan melalui hasil pengamatan menggunakan lembar observasi. Data dianalisis dengan menggunakan teknik deskriptif kualitatif. Hasil analisis data pada pra siklus, guru yang mampu membuat perencanaan pembelajaran dengan baik sesuai ketentuan yang diharapkan hanya 40%, siklus I dapat meningkat menjadi 60% dan setelah dilakukan tindakan pada siklus II meningkat menjadi 80 %. Kesimpulan dari penelitian ini adalah melalui supervisi kepala sekolah, dapat meningkatkan kemampuan dalam penyusunan perencanaan pembelajaran pada guru SDN Tempursari 03 Kecamatan Tempursari Kabupaten Lumajang. |
---|---|
Physical Description: |
vi, 71 halaman ; 21 cm |
ISBN: |
9786232101180 |