Kinerja tugas (task performance) dosen perspektif manajemen organisasi

Mutu (quality) akademik yang dipertaruhkan menjadi tanggung jawab bersama, bukan hanya tugas pimpinan selaku manajer. Akan tetapi dosen dengan kapabilitas dan kapasitasnya seharusnya mampu melakukan aktivitas akademi untuk mempriotaskan mutu yang ditunjukkan melalui kinerja tugas (task performance)...

Full description

Format: Book
Bahasa: ind
Edition: Cetakan I
Subjects:
Summary: Mutu (quality) akademik yang dipertaruhkan menjadi tanggung jawab bersama, bukan hanya tugas pimpinan selaku manajer. Akan tetapi dosen dengan kapabilitas dan kapasitasnya seharusnya mampu melakukan aktivitas akademi untuk mempriotaskan mutu yang ditunjukkan melalui kinerja tugas (task performance) yang baik. Kapasitas dosen dalam hal ini menjadi pilar utama dalam sebuah institusi pendidikan tinggi karena kinerja tugas sebagai bukti nyata dari keaktifan serta kreativitas yang direalisasikan dalam keseharian menjalani kehidupan akademik di kampus. Kapasitas dosen dalam hal ini dipandang sebagai sosok inspirator, sebagai tenaga pendidik serta mempunyai kedudukan sebagai tenaga profesional pada jenjang pendidikan tinggi yang diangkat sesuai dengan peraturan dan perundang-undangan. Menurut undang-undang RI nomor 20 tahun 2003 tentang sistem pendidikan nasional, pasal 39 ayat 2 menyebutkan bahwa dosen merupakan tenaga profesional yang bertugas merencanakan dan melaksanakan proses pembelajaran, menilai hasil pembelajaran, melakukan pembimbingan dan pelatihan, serta melakukan penelitian dan pengabdian masyarakat. Sementara itu secara eksplisit eksistensi dosen dinyatakan dalam undang-undang nomor 14 Tahun 2005 tentang guru dan dosen, bahwa dosen sebagai pendidik profesional dan ilmuwan dengan tugas utama mentrans-formasikan, mengembangkan, dan menyebarluaskan ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni melalui pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat. Oleh sebab itu, dosen dituntut untuk memiliki kompetensi pedagogik, kepribadian, sosial, dan kompetensi profesional. Dalam konteks ini, peran dosen dapat diibaratkan sebagai agent atau penggerak berbagai hal yang terkait dengan aktivitas akademis di kampus. Artinya, dengan kapabilitas dan kreativitas yang dimiliki oleh para dosen yang kemudian diaplikasikan dalam kinerja tugas secara tidak langsung berimplikasi kepada image lembaga yang menaunginya. Tidak sedikit perguruan tinggi menjadi terkenal karena kualitas dan kapasitas para dosen yang mampu mengaktualisasikan diri dalam kinerja tugasnya.
Physical Description: x, 201 halaman : ilustrasi ; 21 cm
Bibliography: Bibliografi : halaman 189-201
ISBN: 9786025960376