Summary: |
Perkembangan berarti perubahan secara kualitatif. Ini berarti perkembangan bukan sekadar penambahan tiap senti pada tinggi badan seseorang atau kemampuan seseorang, melainkan suatu proses integrasi dari banyak struktur dan fungsi yang kompleks. Perkembangan menurut istilah adalah development, yang merupakan rangkaianyang bersifat progresif dan teratur dari fungsi jasmaniah dan rohaniah sebagai akibat pengaruh kerjasama antara kematangan (maturation) dan pelajaran (learning). Pada dasarnya, perkembangan merujuk kepada perubahan sistematik tentang fungsi-fungsi fisik dan psikis. Perubahan fisik meliputi perkembangan biologis dasar sebagai hasil dari konsepsi (pembuatan ovum dan sperma), dan hasil dari interaksi proses biologis dan genetika dengan lingkungan. Sementara perubahan psikis menyangkut keseluruhan karakteristik psikologi individu, seperti perkembangan kognitif, emosi, sosial, dan moral. Perkembangan peserta didik merupakan siklus yang tentunya sangat penting dalam tahapan perkembangan kehidupan seseorang. Kesuksesan perkembangan pada masa ini menjadikan rujukan kontribusi untuk tahap perkembangan selanjutnya. Bukan hanya perkembangan aspek fisik yang mengalami perubahan pada seseorang, namun juga aspek intelektual, sosial, emosional, fisik, motorik serta rohani dan lainnya. Materi dalam buku ajar ini ditujukan untuk membantu para mahasiswa mengetahui konsep perkembangan peserta didik berjalan sewajarnya dalam kehidupan sehari-hari.
|