Summary: |
dengan tujuan utama untuk mengetahui seberapa jauh suatu program dapat dilaksanakan dan tujuan suatu program tercapai. Penelitian evaluasi adalah evaluasi yang menggunakan metode penelitian dan penelitian evaluasi sering juga disebut sebagai evaluasi program. Perbedaan utama antara penelitian evaluasi dan penelitian lain terletak pada aspek: tujuan, siapa yang menetapkan focus, proses, output, outcome, kriteria, metode, instrument dan publikasi. Ruang lingkup penelitian evaluasi menurut Stufflebeam (1985) ada empat tingkatan yang saling terkait yaitu penelitian terhadap: context, input, process dan product, sedangkan menurut McDavid dan Hawhthorn (2010) ada lima tingkatan yaitu: objectivel, input, activity, product dan outcome, dari suatu program, kebijakan, dan proyek. Selanjutnya lingkup evaluasi program diklat menurut Kirkpatrick (2006) ada empat tingkat yaitu tingkat: reaction, learning, behaviour dan result. Penelitian evaluasi tidak harus meneliti seluruh tingkatan, tetapi bisa meneliti sebagian saja, misalnya penelitian tentang implementasi atau output dari suatu program.
|