Summary: |
Mata Pelajaran Kimia memiliki keunikan dan karakteristik yang khusus. Hal inilah yang kerap menjadi stimulasi ketertarikan siswa mempelajarinya, bahkan boleh jadi sebaliknya siswa malah takut dan berusaha menghindarinya. Dua kenyataan inilah yang harus di sikapi bagi seorang pendidik. Berupaya menyajikan mata pelajaran Kimia dengan kemasan yang spektakuler, layaknya tontonan sirkus mengundang decak kagum, takjub dan memuaskan. Salah satu upaya tersebut dengan menghadirkan kedahsyatan Algatomiokul dan literasi digital. Algatomiokul merupakan alat peraga yang dapat membantu siswa dalam mengatasi kesulitan-kesulitan pada pembelajaran konsep atom, ion dan molekul. Alat peraga tersebut dinamakan "Algatomiokul" (alat peraga atom, ion dan molekul). Algatomiokul menggunakan bahan-bahan yang mudah didapat dan secara ekonomis memiliki harga yang murah. Dengan demikian alat peraga ini sangat dimungkinkan untuk diproduksi sendiri sesuai kebutuhan, sehingga sekolah-sekolah khususnya di daerah-daerah terpencil bisa membuat atau menyediakannya sendiri. Dengan alat peraga ini, siswa tidak hanya disajikan materi kimia yang bersifat abstrak. Selain itu situasi belajar yang tercipta akan lebih menarik dengan suasana "belajar sambil bermain" sehingga diharapkan dapat meningkatkan aktivitas belajar, respon positif dan hasil belajar siswa.
|