Pendidikan karakter menurut Al-Ghazali

Dalam Islam, karakter lebih dikenal dengan istilah akhlaq. Karena itu, pendidikan karakter dalam Islam merupakan sebuah proses membentuk akhlak, kepribadian dan watak yang baik, yang bertanggung jawab akan tugas yang diberikan Allah kepadanya di dunia, serta mampu menjalankan perintah-Nya dan menjau...

Full description

Format: Book
Bahasa: ind
Edition: Cetakan I, 2011
Subjects:
Summary: Dalam Islam, karakter lebih dikenal dengan istilah akhlaq. Karena itu, pendidikan karakter dalam Islam merupakan sebuah proses membentuk akhlak, kepribadian dan watak yang baik, yang bertanggung jawab akan tugas yang diberikan Allah kepadanya di dunia, serta mampu menjalankan perintah-Nya dan menjauhi larangan-Nya. Karena itu dalam Islam, pendidikan karakter sama maknanya dengan pendidikan agama yang berbasis akhlak. Islam melihat pentingnya membentuk pribadi muslim yang berakhlaq mulia (akhlaq alkarimah). Kaitannya dengan merancang model pendidikan bisa mengacu pada konsepkonsep pendidikan yang lahir dari hasil sintesis, adaptasi, dialog keilmuan, ilmuisasi, dan bahkan islamisasi nilai-nilai pendidikan. Upaya menginterpretasi konsep pendidikan Islam dapat diawali dengan kajian tokoh dan pemikiran pendidikannya. Kajian tentang pemikiran pendidikan seorang tokoh menjadi penting, terutama untuk memperoleh gambaran tentang persepsi seorang tokoh, pemikiran yang digelutinya, keberhasilan pemikirannya, serta hikmah dari pemikirannya. (Arief Furchan dan Agus Maimun, 2005: 9). Di antara tokoh yang relevan dikaji pemikirannya dalam konteks pendidikan karakter anak berbasis akhlaq al-karimah adalah al-Ghazali. Al-Ghazali merupakan tokoh yang sangat memerhatikan dunia pendidikan, karena menurutnya pendidikanlah yang banyak membentuk corak peradaban pada sebuah bangsa (Syamsul Kurniawan, At-Turats, Volume 3, Nomor 1, Desember, 2008, hlm. 23). Pemikiran pendidikan Al-Ghazali, sebagaimana pendapat alTibawi (1972: 39), dianggap sangat baik, sistematis, dan komprehensif, jika dibandingkan dengan tokoh-tokoh lain semasanya. Sebagai seorang pemikir, pemikiran pendidikan Al-Ghazali ikut mempengaruhi pemikiran-pemikiran pendidikan tokoh-tokoh setelahnya. Pemikiran tentang pendidikan karakter yang marak diperbincangkan urgensitasnya pada abad ini, sesungguhnya telah lama diulas oleh Al-Ghazali melalui pemikiran-pemikiranya tentang akhlaq al-karimah. Pada konteks ini, pemikiran Al-Ghazali yang secara umum menekankan pentingnya akhlaq alkarimah dididikkan sejak usia dini, relevan secara konseptual dengan pemikiran tokoh-tokoh pendidikan abad ini yang menyuarakan pentingnya character building.
Physical Description: viii, 168 halaman ; 21 cm
Bibliography: Bibliografi : halaman 157-168
ISBN: 9786022371663