Pengembangan kurikulum teori, konsep dan aplikasi

Kurikulum merupakan salah satu komponen yang sangat penting dalam pendidikan. Tanpa kurikulum, proses pendidikan tidak akan berjalan mulus. Kurikulum diperlukan sebagai salah satu komponen untuk menentukan tercapainya tujuan pendidikan. Di dalam kurikulum terangkum berbagai kegiatan dan pola pengaja...

Full description

Format: Book
Bahasa: ind
Terbitan: Yogyakarta : Penerbit Parama Ilmu , 2016
Edition: Cetakan I, Agustus 2016
Subjects:
LEADER 02424cam a2200337 a 4500
001 INLIS000000000895125
005 20190621121326.0
006 a####g#b####000#0#
007 ta
008 190620s2016####yoi####g#b####000#0#ind##
020 # # |a 978-602-1351-50-5 
035 # # |a 0010-0319005265 
040 # # |a JKPNPNA  |b ind  |e rda 
082 0 4 |a 375.001  |2 [23] 
084 # # |a 375.001 FRI p 
100 0 # |a Fristiana Iriana  |e penulis 
245 1 0 |a Pengembangan kurikulum :  |b teori, konsep dan aplikasi /  |c penulis, Dr. Fristiana Iriana, M.Pd 
250 # # |a Cetakan I, Agustus 2016 
264 # 1 |a Yogyakarta :  |b Penerbit Parama Ilmu,  |c 2016 
300 # # |a x, 250 halaman ;  |c 21 cm 
336 # # |a teks  |2 rdacontent 
337 # # |a tanpa perantara  |2 rdamedia 
338 # # |a volume  |2 rdacarrier 
504 # # |a Bibliografi : halaman 243-248 
520 # # |a Kurikulum merupakan salah satu komponen yang sangat penting dalam pendidikan. Tanpa kurikulum, proses pendidikan tidak akan berjalan mulus. Kurikulum diperlukan sebagai salah satu komponen untuk menentukan tercapainya tujuan pendidikan. Di dalam kurikulum terangkum berbagai kegiatan dan pola pengajaran yang dapat menentukan arah proses pembelajaran. Itulah sebabnya, menelaah dan mengkaji kurikulum merupakan suatu kewajiban bagi guru. Berbagai pendapat mengenai kurikulum telah dikemukakan oleh para ahli pendidikan. Dalam PP No. 19 tahun 2005 tentang SNP dijelaskan bahwa kurikulum adalah seperangkat rencana dan pengaturan mengenai tujuan, isi, dan bahan pelajaran serta cara yang digunakan sebagai pedoman penyelenggaraan kegiatan pembelajaran untuk mencapai tujuan pendidikan tertentu. Dalam arti luas kurikulum dapat diartikan sesuatu yang dapat mempengaruhi siswa, baik dalam lingkungan sekolah maupun luar sekolah. Namun, kurikulum haruslah direncanakan agar pengaruhnya terhadap siswa benar-benar dapat diamati dan diukur hasilnya. Adapun hasil-hasil belajar tersebut haruslah sesuai dengan tujuan pendidikan yang diinginkan, sejalan dengan nilai-nilai yang dianut oleh masyarakat, relevan dengan kebutuhan sosial ekonomi dan sosial budaya masyarakat, sesuai dengan tuntutan minat, kebutuhan dan kemampuan para siswa sendiri, serta sejalan dengan proses belajar para siswa yang menempuh kegiatan-kegiatan kurikulum. 
650 # 4 |a Kurikulum, Pendidikan 
850 # # |a JKPNPNA 
990 # # |a 201900103045762 
990 # # |a 201900103045764 
990 # # |a 201900103045767 
990 # # |a 201900103045768