Prophetic character building tema pokok pendidikan akhlak menurut al-Ghazali

Al-Ghazali (1058-1111) membagi proses transformasi rohani dalam prophetic character building ke dalam tiga level mubtadi, seorang murid harus melakukan tazkiyah al-nafs melalui mujahadah dan riyadah. Level mutawassith, salik harus menyibukkan diri dengan zikir, khalwah, dan bersabar diri dalam menem...

Full description

Format: Book
Bahasa: ind
Terbitan: Jakarta : Kencana , 2018
Edition: Cetakan ke-1, Maret 2018
Subjects:
LEADER 02658cam a2200349 a 4500
001 INLIS000000000878505
005 20190515142013.0
006 a####g######000#0#
007 ta
008 190515t2018####jki####g######000#0#ind##
020 # # |a 978-602-422-292-5 
035 # # |a 0010-0219000828 
040 # # |a JKPNPNA  |b ind  |e rda 
082 0 4 |a 297.51  |2 [23] 
084 # # |a 297.51 AKH p 
100 0 # |a Akhmad Sodiq,  |d 1971-  |e penulis 
245 1 0 |a Prophetic character building :  |b tema pokok pendidikan akhlak menurut al-Ghazali /  |c penulis, Dr. Akhmad Sodiq, M.A. 
250 # # |a Cetakan ke-1, Maret 2018 
264 # 1 |a Jakarta :  |b Kencana,  |c 2018 
264 # 4 |c © 2018 
300 # # |a xi, 241 halaman ;  |c 23 cm 
336 # # |a teks  |2 rdacontent 
337 # # |a tanpa perantara  |2 rdamedia 
338 # # |a volume  |2 rdacarrier 
504 # # |a Bibliografi : halaman 223-235 
520 # # |a Al-Ghazali (1058-1111) membagi proses transformasi rohani dalam prophetic character building ke dalam tiga level mubtadi, seorang murid harus melakukan tazkiyah al-nafs melalui mujahadah dan riyadah. Level mutawassith, salik harus menyibukkan diri dengan zikir, khalwah, dan bersabar diri dalam menempuh maqamat ?ahwal. Adapun pada level muntahi, ia telah memasukigerbang kewalian. Di level ini, mutashawwif yang telah bersih dari sifat buruk dan dipenuhi sifat baik ini tinggal menunggu madzaqat dalam bentuk inkisyaf, ma?rifah dan wusul yang menjadi akhor cpaian rohani sufi, yakni saat ia tenggelam dalam ketunggalan murni (al-fardaniyah al-mahdah). Pemikiran al-Ghazali tentang mujahadah ?riyadah tampak sangat lengkap dan sekaligus dapat menjadi jawaban atas berbagai pertanyaan mendasar dalam character building. Penjelasan tentang hakikat manusia dan daya-daya rohani, misalnya, akan memberikan gambaran yang jelas tentang objek formal ? material dalam kajian character building, pendidikan akhlak khususnya dan kajian tentang manusia pada umumnya. Model internalisasi nilai yang ditawarkan al-Ghazali tampak sangat beragam dan substantif, seperti : dengan cara tazkiyat al-nafs, mujahadah-riyadah, zikir, dan muqamat-ahwal. Hal yang terasa sangat kaya dibandingkan teori character building barat yang hanya mengandalkan pembiasan semata. Pada akhir tulisan ini, pemikiran al-Ghazali akan direformulasikan menjadi konsep praktis yang dapat digunakan dalam pendidikan. Khususnya hal-hal yang berkaitan dengan prinsip dasar mujahadah dan riyadah, model tes intensitas bisikan batin, skala sikap, serta core kurikulum pendidikan akhlak. 
650 # 4 |a Akhlak 
850 # # |a JKPNPNA 
990 # # |a 201900103020637 
990 # # |a 201900103020636 
990 # # |a 201900103020633 
990 # # |a 201900103020635