Summary: |
Perencanaan program supervisi akademik kepala sekolah dan atau tim supervisi baik akan menentukan keberhasilan sekolah dalam mencapai tujuan pembelajaran yang telah ditetapkan. Dalam merencanakan supervisi akademik kepala sekolah dan atau tim supervisi harus mempertimbangkan berbagai hal antara lain: penyusunan jadwal, tujuan, pendekatan, teknik dan instrumen yang dibutuhkan. Perlu juga mempertimbangkan hasil supervisi sebelumnya yang meliputi komponen tujuan, teknik supervisi, dan jadual supervisi. Tujuan supervisi akademik perlu ditentukan Karena masing-masing Guru memiliki masalah pembelajaran yang berbeda. Pendekatan supervisi akademik adalah strategi untuk melakukan kegiatan seperti si akademik. Pendekatan ini dapat dibedakan menjadi tiga yaitu: langsung, tidak langsung, dan kolaboratif dalam perencanaan supervisi kepala sekolah perlu mempertimbangkan langkah atau prosedur serta menentukan pedoman untuk menjalankan kerja supervisi akademik, yaitu: mengidentifikasi atau menentukan tujuan supervisi; membuat jadwal supervisi; menentukan pendekatan atau teknik supervisi; dan menentukan instrumen yang akan digunakan dalam kegiatan tersebut.
|