Kesadaran pendidikan sebuah penentu keberhasilan pendidikan

Cita-cita pendidikan di Indonesia begitu ideal, namun realitasnya masih jauh dari idealisme pendidikan. Apa pun kebijakan yang diusung pemerintah, entah pembaruan kurikulum, entah meningkatkan anggaran, entah peningkatan standar pendidikan, hasilnya dirasa seakan-akan berjalan di tempat. Biaya pendi...

Full description

Format: Book
Bahasa: ind
Edition: Cetakan II
Subjects:
LEADER 02374cam a2200385 a 4500
001 INLIS000000000869740
005 20190222082955.0
006 a####g#b#####01#0#
007 ta
008 190221s2017####yoi####g#b#####01#0#ind#d
020 # # |a 978-602-18785-9-0 
035 # # |a 0010-1218006199 
040 # # |a JKPNPNA  |b ind  |e rda 
082 # # |a 370.152  |2 [23] 
084 # # |a 370.152 MUJ k 
100 0 # |a Mujamil Qamar  |d 1965-  |e penulis 
245 1 0 |a Kesadaran pendidikan :  |b sebuah penentu keberhasilan pendidikan /  |c Mujamil Qamar ; editor Rose Kusumaning Ratri 
250 # # |a Cetakan II 
264 # # |a Yogyakarta :  |b Ar-Ruzz Media,  |c 2017 
300 # # |a 206 halaman ;  |c 21 cm 
336 # # |a teks  |2 rdacontent 
337 # # |a tanpa perantara  |2 rdamedia 
338 # # |a volume  |2 rdacarrier 
500 # # |a Indeks 
504 # # |a Bibliografi : halaman 195-200 
520 3 # |a Cita-cita pendidikan di Indonesia begitu ideal, namun realitasnya masih jauh dari idealisme pendidikan. Apa pun kebijakan yang diusung pemerintah, entah pembaruan kurikulum, entah meningkatkan anggaran, entah peningkatan standar pendidikan, hasilnya dirasa seakan-akan berjalan di tempat. Biaya pendidikan di sekolah semakin meningkat dari tahun ke tahun. Pengangguran berijazah sarjana semakin banyak, jurang perbedaan kualitas sekolah di pusat-pusat kota dengan daerah pelosok semakin dalam, Lulusan yang dihasilkan pun dirasa masih jauh dari harapan. Kekurang-berhasilan memajukan kualitas pendidikan disebabkan kesalahan dalam mengidentifikasi sumber permasalahan. Kurikulum, metode pembelajaran, sarana-prasarana, rumusan tujuan dan visi misi, serta guru atau dosen adalah komponen pendidikan yang berperan sebagai alat pendukung, bukan penentu keberhasilan. Aspek penentu keberhasilan terletak pada kesadaran pendidikan. Sebab, kesadaran pendidikan adalah fondasi, landasan yang menentukan keberhasilan pendidikan. Maka, konsentrasi kebijakan perlu diarahkan kepada mekanisme membentuk dan membangun kesadaran pendidikan. Lebih jauh lagi, membudayakannya sehingga menjadi kebiasaan, sifat, dan kepribadian masyarakat Indonesia. 
650 # 4 |a Pendidikan  |x Evaluasi 
650 # 4 |a Psikologi pendidikan 
650 # 4 |a Pendidikan  |x Kurikulum 
700 0 # |a Rose Kusumaning Ratri  |e editor 
850 # # |a JKPNPNA 
990 # # |a 201800103060506 
990 # # |a 201800103060510 
990 # # |a 201800103060509 
990 # # |a 201800103060508