Peningkatan kualitas apresiasi sastra pada mata pelajaran bahasa daerah di kelas VII SMPN 2 Sidoarjo melalui penerapan asesmen autentik

Tujuan penelitian tindakan kelas ini adalah untuk mengetahui keefektifan penerapan asesmen autentik pada mata pelajaran bahasa daerah di kelas 7 SMPN 2 Sidoarjo, mengetahui peningkatan kualitas apresiasi sastra yang diperoleh siswa dengan diterapkannya assesmen autentik pada mata pelajaran bahasa da...

Full description

Main Author: Darni (-)
Other Authors: Suhartin (-), Purweni Darmiati
Format: Book
Bahasa: ind
Terbitan: Surabaya : Fakultas Bahasa dan Seni Jurusan Bahasa Daerah Universitas Negeri Surabaya , 2006
Subjects:
Summary: Tujuan penelitian tindakan kelas ini adalah untuk mengetahui keefektifan penerapan asesmen autentik pada mata pelajaran bahasa daerah di kelas 7 SMPN 2 Sidoarjo, mengetahui peningkatan kualitas apresiasi sastra yang diperoleh siswa dengan diterapkannya assesmen autentik pada mata pelajaran bahasa daerah di kelas 7 SMPN 2 Sidoarjo, dan mengetahui kendala yang dihadapi guru maupun siswa dalam penerapan asesmen autentik tersebut. Penelitian ini dilaksanakan dengan rancangan penelitian tindakan kelas yang prosedur pelaksanaannya mengikuti prinsip dasar penelitian tindakan yang umum. Prosedur tersebut merupakan suatu proses siklus atau daur ulang yang dimulai dari tahap perencanaan, tahap pelaksanaan tindakan, tahap observasi/evaluasi dan tahap refleksi. Pengumpulan data dilakukan pada setiap siklus dimulai dari awal sampai akhir tindakan siklus I dan II. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode observasi, catatan lapangan, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa rendahnya penguasaan bahasa siswa merupakan kendala yang berarti bagi siswa maupun guru dalam apresiasi sastra. Untuk mendapatkan format asesmen yang efektif dilakukan penyederhanaan bahasa dan asesmen, materi guritan, dan penambahan daftar kata sulit guritan. Pada akhir siklus kedua dengan panduan asesmen yang efektif diperoleh peningkatan hasil apresiasi sastra yang siginifikan, yaitu 75% siswa memperoleh hasil dengan criteria bahasa dan isi yang baik dan sangat baik.
Physical Description: v, 30 lembar ; 29 cm
Bibliography: Bibliografi : lembar 29-30