Summary: |
Pada penelitian ini, permasalahan yang dikemukakan pada faktor-faktor yang berperan dalam profesionalitas instruktur yang terdapat di BLKI Pasar Rebo dan BLKI Tangerang yaitu karakteristik (pendidikan dan masa kerja) dan pelatihan yang dihubungkan dengan profesionalitas instruktur. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui, menjelaskan dan membandingkan seberapa jauh hubungan karakteristik (pendidikan dan masa kerja) dengan profesionalitas instruktur; untuk mengetahui, menjelaskan dan membandingkan seberapa jauh hubungan pelatihan dengan profesionalitas instruktur; untuk mengetahui, menjelaskan dan membandingkan seberapa jauh hubungan karakteristik (pendidikan dan masa kerja) dan pelatihan secara bersama-sama dengan profesionalitas instruktur. Metode penelitian dengan jenis kuantitatif, dilakukan dengan pendekatan survai, populasi dan sampel, pengukuran variable dan analisis melalui regresi berganda. Pemrosesan dibantu dengan menggunakan software program SPSS versi 10. Hasil penelitian menunjukkan terdapat hubungan positif antara pendidikan dengan profesionalitas dengan skor koefisien sebesar 0,487. Terdapat hubungan positif antara masa kerja dengan profesionalitas dengan skor koefisien sebesar 0,397. Pendidikan dan masa kerja secara bersama-sama berpengaruh terhadap profesionalitas.
|