PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA POWERPOINT TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA BANGUN DATAR DI KELAS III SD NEGERI 4 PALEMBANG
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media powerpoint pada bangun datar terhadap hasil belajar siswa kelas III SD Negeri 4 Palembang. Penelitian ini dilaksanakan pada semester genap tahun ajaran 2015/2016. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode true-experimental dengan desain penelitian Pretest- Posttest Control Group Designs. Sampel penelitian ini terdiri dari dua kelas yang berjumlah 33 siswa kelas eksperimen dan 35 siswa kelas kontrol. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes tertulis berupa soal isian singkat sebanyak 10 soal. Berdasarkan hasil uji prasyarat analisis data pretest dan posttest bahwa data tersebut terdistribusi normal dan homogen. Setelah hipotesis penelitian diuji dengan uji t diperoleh thitung = 1,8, sedangkan dari tabel distribusi t diperoleh ttabel = 1,699 sehingga terlihat bahwa thitung > ttabel. Oleh karena itu, Ho ditolak dan Ha diterima. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan media powerpoint berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar siswa pada bangun datar di Kelas III SD Negeri 4 Palembang.