KOMODIFIKASI PENDAKIAN GUNUNG DAN PERILAKU PROSUMSI PENDAKI GUNUNG (STUDI PADA PENGGIAT PENDAKIAN DI GUNUNG SEMERU)
Main Authors: | FERNANDO GALANG R, Prof. Dr. Suharko |
---|---|
Format: | Thesis |
Terbitan: |
S1 SOSIOLOGI Universitas Gadjah Mada
, 2022
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://etd.repository.ugm.ac.id/penelitian/detail/208543 |
Daftar Isi:
- Pendakian merupakan aktivitas olahraga sekaligus ekowisata berbasis pegunungan atau gunung. Pendakian gunung semakin diminati masyarakat dengan beragam motivasi. Jika ditilik dari sisi historis, pendakian gunung berorientasi pada mencari ketenangan ke hutan, mencari tantangan, mengisi waktu luang, dan hal lainnya yang melekat serta identik pada seorang pendaki. Orientasi pendaki gunung mengalami perubahan lebih dalam bentuk konsumerisme. Hal tersebut yang menyebabkan indikasi terjadinya komodifikasi pada aktivitas pendakian gunung. Komodifikasi pendakian dapat dilihat melalui empat hal, yaitu: barang, jasa, ruang, dan makna dari aktivitas pendakian gunung. Perkembangan teknologi informasi khususnya media sosial berperan signifikan terhadap komodifikasi pendakian. Komodifikasi yang mengubah nilai guna pendakian menjadi nilai jual diyakini berperan terhadap perilaku prosumsi pendaki. Prosumsi oleh pendaki yaitu pendaki sebagai pelaku produsen sekaligus konsumen dalam aktivitas pendakian gunung. Penelitian ini hendak menelusuri bagaimana proses komodifikasi yang terjadi pada aktivitas pendakian gunung serta perilaku prosumsi pendaki gunung melalui studi kasus pada penggiat pendakian di Gunung Semeru. Diharapkan penelitian ini mampu memberikan perspektif baru dalam studi pendakian dengan pendekatan sosiologis serta dapat berkontribusi dalam rangka pengelolaan pendakian khususnya di Gunung Semeru.