Implementasi Simple Additive Weighting (SAW) pada Group Decision Making dalam Penilaian Kinerja Guru

Main Authors: Okfalisa, Okfalisa, Mulianti, Gustri, Hafsari, Rizka, Hartati, Misra, Wardhani3, Luh Kesuma
Other Authors: UIN Suska Riau
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: UIN Sultan Syarif Kasim Riau , 2019
Online Access: http://ejournal.uin-suska.ac.id/index.php/SNTIKI/article/view/8101
http://ejournal.uin-suska.ac.id/index.php/SNTIKI/article/view/8101/4476
Daftar Isi:
  • Guru merupakan pendidik profesional yang berperan penting pada dunia pendidikan, agar fungsi dan tugas yang melekat pada jabatan fungsional guru dilaksanakan sesuai dengan aturan yang berlaku, maka diperlukan Penilaian Kinerja Guru (PK GURU) yang sesuai dengan kriteria penilaian guru yaitu: pedagogik, kepribadian, sosial, dan profesional. Guna memberikan objektivitas yang optimal pada penilain kinerja guru, maka penelitian ini mencoba memandang penilaian professional guru dari dua perspektif (multiple perspektif) sebagai suatu group decision making. Kepala sekolah sebagai pimpinan langsung dan siswa sebagai objek yang berinteraksi dan menerima pelayanan guru secara langsung. Metode Simple Additive Weighting (SAW) digunakan untuk menganalisis 14 kompetensi dan 78 indikator penilaian kinerja guru dari perspektif kepala sekolah dan 17 indikator penilaian kinerja guru dari perspektif siswa. Sebagai hasilnya, penggabungan penilaian SAW pada group decision making memberikan rekomendasi berupa rangking performansi guru berdasarkan penilaian perpektif kinerja guru. Sebagai studi kasus, implementasi aplikasi SAW dilakukan dalam mengukur kinerja guru di SMP Al-Ulum Islamic School. Penilaian 9 orang guru dari perspektif kepala sekolah dan 180 orang siswa dilakukan. Aplikasi ini dapat memberikan penilaian yang lebih objektif terhadap performansi guru disekolah. Pengujian User Acceptance Test (UAT) dan Blackbox Testing menunjukkan bahwa aplikasi berjalan dengan baik sesuai hasil perhitungan dan dapat diterima oleh pengguna terutama dalam membantu membuat keputusan terkait performansi guru disekolah.